Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula (2) : Blogging Tools

Artikel ini telah dibaca 2882 kali.

Blogger 2012 – Semoga Anda sudah membaca bagian pertama dari tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula. Bagian pertama itu penting untuk membangun mindset. Yang berikut ini kita harus mempersiapkan dulu alat-alat untuk blogging. Saya menyebutnya blogging tools. Gak usah bingung karena ini istilah saya sendiri.

Blogging tools sebenarnya adalah kumpulan sofware yang pada intinya berguna untuk membantu kita saat ngeblog. Apakah ini harus? Untuk beberapa software bukan keharusan, untuk sofware lain merupakan keharusan. Nah inilah daftar blogging tools tersebut.

  • Windows Live Writer – Ini adalah software gratis dari Microsoft untuk offline blogging. Artinya saat ngeblog kita tidak harus online. Jadi kita bisa buat rancangan blog kita, kalau sudah fix baru kita posting. Ada dua macam instalasinya, yaitu instalasi online dan offline. Versi teranyar 2011 keduanya bisa didownload di sini, pilih yang offline saja. Nah, kalau sudah diinstal Anda bisa baca bagian pertama dari tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula.
  • Web Browser (yang ini semua juga sudah tahu ). Anda bisa menggunakan browser apa saja mulai Mozilla, Internet Explorer, Chrome, Rocmelt, dan sebagainya. Tetapi saya menganjurkan browser default sebaiknya Mozilla Firefox. Sejauh pengalaman saya selama ini Firefox lebih enak dipakainya, terutama kalau kita harus melakukan capture (copy-paste) image, dan urusan olah image ini akan Anda rasakan nanti menjadi sesuatu yang wajib. Semua web browser software juga gratis. Mozilla Fireffox bisa didownload di sini.
  • Filezilla – Ini adalah FTP software gratis untuk pengelolaan hosting. Kelak jika kita punya domain dan hosting, kita bisa melakukan hosting management serta upload-download file dengan program ini, tanpa harus masuk ke hosting account. Ada banyak FTP software, Anda bebas menggunakan yang mana saja, tetapi saya menganjurkan menggunakan Filezilla, karena selain gratis program ini lebih stabil sejauh pengalaman saya.
  • Thunderbird – Merupakan software email clients, yaitu program yang digunakan untuk menerima dan mengirim email tanpa harus masuk ke account email Anda. Hampir semua akun email bisa diakses melalui program ini. Dengan menggunakan Thunderbird kita lebih cepat dan lebih gampang mengelola email. Jika belum punya email, segera buat sebuah akun email. Saya sarankan untuk menggunakan Gmail saja. Nanti kalau sudah punya domain sendiri, kita bisa menggunakan email dari domain kita, misalnya : namakamu@inibloggue.com. Program ini gratis dan bisa didownload di sini.
  • Fastone Capture – Ini adalah software untuk meng-capture (menangkap/meng-copy) image dari suatu website. Sebenarnya kita bisa langsung melakukan copy-paste langsung saat menggunakan Mozilla Firefox atau browser lain, tetapi Fastone memiliki banyak kelebihan, termasuk diantaranya cropping, blurring, menggambar berbagai shape pada image, dan sebagainya. Saat mengolah image nanti akhirnya Anda akan memerlukan program seperti ini. Ada banyak program capture lain, misalnya bawaan Corel atau lainnya. Kebetulan saya sudah mencoba banyak program capture, tetapi yang menurut saya enteng dengan fitur melimpah ya Fastone ini. Sayangnya program ini tidak gratis. Kalau mau mencari c**cknya silahkan browsing sendiri atau pesan di sini.
  • White Smoke – Jika Anda ingin membuat blog berbahasa Inggris tetapi English skill cekak, gunakan program ini. Dengan kemampuan English writing pas-pasan kita bisa membuat sebuah artikel berbahasa Inggris dengan lebih baik. Program ini akan mengoreksi kesalahan grammar dan spelling, lalu menampilkan koreksi dan anjuran (suggest) yang benar. Sayangnya program ini juga tidak gratis.
  • Banner Designer Pro – Jika Anda pernah melihat suatu blog yang menampilkan banner animasi, itu adalah animasi flash yang dibuat dengan Macromedia. Banner Designer Pro memampukan Anda untuk membuat animasi flash banner tanpa harus mengetahui coding-nya. Contoh hasil animasi flash dengan Banner Designer bisa Anda lihat di bagian atas blog ini. Ini juga bukan program gratis.

Jika kita ingin melakukan modifikasi terhadap template blog agar lebih menarik dan tampak profesional, sebaiknya juga menguasai dasar-dasar menggunakan Photoshop dan Corel. Photoshop digunakan untuk olah image jenis bitmap, sedangkan Corel digunakan untuk oleh image jenis vektor. Nah, kedua program ini akan sangat membantu kita saat membuat button (tombol web) atau merancang header situs kita.

Bila Anda adalah blogger pemula, tiga program pertama tersebut di atas sudah cukup. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan Anda makin expert, maka program yang lain akan sangat Anda butuhkan. Sekarang siapkan tiga yang pertama dari blogging tools tersebut. Jika ingin memiliki program tersebut di atas dengan lengkap Anda bisa pesan di sini.

Pada tutorial berikutnya saya akan bahas cara penggunaan blogging tools tersebut.

Tags: banner designer blogging tools fastone capture mozilla firefox thunderbird white smoke windows live sriter

Related Post "Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula (2) : Blogging Tools"

37 Free Premium WordPress Themes
Saya sharing lagi tentang theme wordpress. Berikut
Free Premium WordPress Theme
Bagi Anda yang mencari theme Wordpress dengan
Tutorial lengkap memindahkan hosting WordPress selfhosted
Seminggu ini saya suntuk berat. Gara-garanya blog