Menggunakan Filezilla untuk mengelola blog WordPress (2) : Menginstal plugin dan theme WordPress menggunakan Filezilla

Artikel ini telah dibaca 3003 kali.

Pada posting yang dulu telah saya jelaskan telah saya jelaskan sebelumnya. Ada banyak manfaat program ini untuk mengelola blog berbasis WordPress selfhosted. Yang pertama ini saya akan jelaskan cara menginstal plugin dan theme WordPress menggunakan Filezilla.

Biasanya untuk menginstal plugin pada WordPress selfhosted kita masuk ke account admin dengan mengetikkan alamat ini http://bloganda.com/wp-admin, kemudian masuk ke | Plugin | Add New | lalu mulai mencari instalasi plugin atau melakukan upload, seperti screenshot di bawah ini.

Menginstal plugin WordPress menggunakan Filezilla

Seringkali langkah ini menemui kegagalan karena berbagai sebab, misalnya karena koneksi yang lemot atau kegagalan membaca API. Untuk mengatasi masalah ini Filezilla adalah solusinya.

Cara menginstal plugin menggunakan Filezilla begini:

  • Pertama download dulu plugin yang hendak diinstal dari situs aslinya
  • File plugin yang telah Anda download dalam bentuk terkompres, biasanya berformat zip. Silahkan ekstrak dulu.
  • Buka Filezilla dan koneksikan dengan blog Anda seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya
  • Carilah folder plugins pada server blog Anda. Biasanya path-nya ini: /public_html/wp-content/plugins
  • Lihatlah pada jendela kiri Filezilla. Carilah dimana Anda meletakkan folder plugin yang telah diekstrak. Klik folder plugin tersebut dan di jendela sebelah bawahnya akan tampil folder lagi dengan nama yang sama. Drag (seret) folder tersebut ke folder plugins blog Anda di sebelah kanan. Untuk lebih jelasnya lihat screenshot berikut ini

  • Tunggulah hingga upload selesai.
  • Masuk kembali ke account admin blog Anda lalu klik menu Plugins. Carilah plugin yang baru Anda install dan aktifkan
  • Selesai

Menginstal theme WordPress menggunakan Filezilla

Kesulitan yang sama saat menginstal theme kadang bisa Anda alami sama seperti saat menginstal plugin. Cara menginstal theme WordPress menggunakan Filezilla sama persis seperti langkah menginstal plugin di atas, hanya saja folder theme baru yang hendak diinstal dikopikan pada folder Themes yang letaknya tepat di bawah folder Plugins.

Setelah selesai, masuk kembali ke account admin blog Anda lalu klik menu Themes. Carilah theme yang baru Anda install dan aktifkan.

Selamat mencoba

Tags: cara menginstal plugin Wordpress menggunakan Filezilla cara menginstal theme Wordpress menggunakan Filezilla cara transfer file ke server Filezilla FTP instal wordpress dengan FTP mengelola blog dengan Filezilla menginstal plugin dengan Filezilla

Related Post "Menggunakan Filezilla untuk mengelola blog WordPress (2) : Menginstal plugin dan theme WordPress menggunakan Filezilla"

37 Free Premium WordPress Themes
Saya sharing lagi tentang theme wordpress. Berikut
Free Premium WordPress Theme
Bagi Anda yang mencari theme Wordpress dengan
Tutorial lengkap memindahkan hosting WordPress selfhosted
Seminggu ini saya suntuk berat. Gara-garanya blog