Inilah laptop terbaru berbasis Google Chrome OS untuk Cloud Computing

Artikel ini telah dibaca 5130 kali.

Dulu saya telah menulis posting mengenai cloud computing. Dengan sistem ini kita bisa langsung mengakses banyak aplikasi secara online dan menjalankannya di komputer, plus menyimpan data secara online. Semula saya pikir teknologi cloud computing ini masih berupa ide. Ternyata sekarang telah terealisasi dengan mulai dipasarkannya laptop terbaru berbasis Chrome OS untuk cloud computing.

Notebook untuk cloud computing yang berjalan dengan Google Chrome OS buatan Google ini telah tersedia dan dipasarkan secara komersial. Notebook besutan Google ini merupakan hasil kerjasama dengan Samsung dan Acer dan dinamakan Chromebook,  telah mulai dijual di Amazon.com dan Bestbuy.com.

Chromebook
Inilah tampilan dekstop Chromebook

Perangkat yang memiliki layar 12,1 inci dan berat 1,5 kilogram ini dilengkapi dengan dua USB ports dan card reader. Baik pada Series 5 ChromeBook maupun Acer Chromebook ditanamkan Intel Atom N570 1.66 Hz dan RAM 2 GB. Untuk hardisknya disematkan 16 GB SSD (Solid State Disk). Ini adalah hardisk yang mirip dengan flashdisk, jadi tidak menggunakan cakram yang berputar. Alhasil ukurannya lebih kompak, baterai lebih awet, dan tidak berisik. Tidak heran bila Samsung mengklaim bahwa ketahanan baterai notebook ini mencapai 8,5 jam!

Chromebook  Teknologi baru yang diusung akan mengubah cara kita berkomputasi

Cara penggunaan Chromebook untuk cloud computing sama dengan saat menggunakan browser web. Mengakses dokumen, permainan, bahkan menonton film dijalankan melalui browser. Pengguna bahkan dapat memperoleh aplikasi baru yang disesuaikan untuk sistem operasi, termasuk New York Times dan Angry Birds, yang dapat diunduh dari Chrome Web Store online.

Dengan teknik ini semua aplikasi dan data dapat diakses lewat internet, sehingga jika notebook hilang misalnya, pengguna bisa langsung mengembalikan data seperti sediakala dengan notebook yang baru, karena data telah disimpan secara online.

Tags: Chrome Chromebook cloud computing Google Chrome OS

Related Post "Inilah laptop terbaru berbasis Google Chrome OS untuk Cloud Computing"

Mengenal Android
Saya sengaja menambah kategori baru di Blogger
Inilah Google Plus yang telah saya coba !
Mungkin Anda telah mendengar bahwa Google bakal
Facebook Messenger bakal saingi YM
Mungkin sudah banyak para pengguna tablet Android
Pertamakali mencicipi Cloud Computing
Saya pernah menulis artikel di blog ini