Habis Google Panda terbitlah Google Pinguin

Artikel ini telah dibaca 2646 kali.

Google PandaSetelah dulu Google merilis update algoritma yang dikenal dengan Google Panda, maka tanggal 24 April 2012 kemarin Google meluncurkan update algoritma terbarunya. Google menamai update tersebut sebagai ‘web spam algorithm’ namun lebih dikenal dengan julukan Google Pinguin.

Jika Google Panda fokus pada konten blog, maka algoritma Penguin dirancang untuk menghukum spamblog, situs yang over optimized (dilakukan optimasi yang berlebihan), melakukan black hat SEO, juga pemasangan link atau backlink berlebih atau curang.

Konon, dampak blog jika kena libas Pinguin adalah jumlah visitor menurun secara signifikan, hilangnya beberapa index posting, bisa juga terjadi penurunan ranking blog, dan akhirnya menghilang dari peredaran. Di samping itu justru ada juga blog yang rank dan traffic-nya malah meningkat. Blog seperti inilah yang mungkin direstui oleh Pinguin. Blogger 2012 ini terus mengalami kenaikan visitor secara bertahap, dan bahkan mulai minggu kemarin Google menyematkan Pagerank 1. Jadi Blogger 2012 ini mungkin telah memenuhi peraturan yang diterapkan oleh algoritma baru tersebut :).

Kenapa Pinguin diterapkan?

Konon karena visitor dan Google sendiri semakin muak pada situs yang berada di halaman satu SERP hanya spam, hasil copas, atau banyaknya link yang hanya mengarah ke satu alamat. Selain itu mungkin Google sedang berupaya memperbaiki layanan karena merasa mulai kehilangan pengguna mesin pencarinya. Banyak pendapat bahwa hasil pencarian Google kurang akurat, sehingga banyak visitor berpaling dan menggunakan mesin pencari lain. Itu sebabnya Google berusaha untuk membuat hasil pencarian yang lebih berkualitas dengan alogaritma barunya.

Dalam sebuah perbincangan di Google webmaster forum, Engineer google memberi tips bagaimana agar situs anda bersahabat dengan Penguin. Sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal berikut ini:

  • menggunakan teks dan link tersembunyi
  • menggunakan redirect tersembunyi
  • menggunakan pencarian otomatis ke google
  • menampilkan halaman dengan kata kunci yang tidak relevan
  • membuat banyak halaman maupun domain dan sub domain dengan konten hasil duplikasi
  • membuat halaman dengan script yang berbahaya misalnya phising, trojan, badware, malware, dsb
  • menggunakan halaman khusus untuk Google bot atau menempatkan cookies untuk program affiliasi dengan konten buruk
  • membuat halaman hanya untuk mesin pencari, tetapi buatlah halaman dengan konten original untuk pengunjung
  • menggunakan trik untuk menaikkan rank situs Anda
  • ikut berpartisipasi pada link scheme yang didesain untuk menaikkan rank
  • menggunakan software untuk checking rangking dan membuat halaman di web karena software tersebut membuang resource google dan melanggar TOS

Untuk keterangan lebih lengkap silahkan masuk ke sini: http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35769

Tags: algoritma baru google algoritma google google google panda google pinguin pinguin

Related Post "Habis Google Panda terbitlah Google Pinguin"

37 Free Premium WordPress Themes
Saya sharing lagi tentang theme wordpress. Berikut
Free Premium WordPress Theme
Bagi Anda yang mencari theme Wordpress dengan
Tutorial lengkap memindahkan hosting WordPress selfhosted
Seminggu ini saya suntuk berat. Gara-garanya blog