Cara mudah update Windows 8.1 Professional

Artikel ini telah dibaca 15681 kali.

Jika Anda pengguna Windows 8 dan ingin melakukan update ke Windows 8.1, seringnya akan mengalami kegagalan dan muncul notifikasi “setup has failed to validate the product key, seperti screenshot di bawah ini.

cara mudah update windows 8.1

Ada cara mudah update Windows 8.1 jika Anda menemui masalah seperti di atas. Kita hanya perlu memodifikasi sebuah file configurasinya saja. Saya sudah mempraktekkannya dan lancar jaya setelah update ke Windows 8.1 Professional.

Oke, saya anggap Anda sudah punya installer update Windows 8.1 Professional. Cara ini bisa juga digunakan untuk Windows 8.1 Enterprise, terserah Anda punya yang mana.

Cara mudah update Windows 8.1 begini:

  • Buka file instalasi upadate Windows 8.1 sebelum dibakar ke DVD atau sebelum dibuat installernya pada flashdisk. Kalau saya sudah tidak pernah membuat instalasi dengan media DVD, tetapi lebih suka membuat Windows installer pakai flashdisk karena lebih praktis, dan bisa di rewrite kalau ada error. Jika belum tahu cara membuat installer Windows 8.1 menggunakan flashdisk silahkan baca Cara membuat installer Windows 8 dengan USB Flashdisk.
  • Buka folder installer Windows 8.1, pada folder sources, dan lihat file ei.cfg yang ditunjuk panah

cara mudah update windows 8.1

  • Buka file tersebut dengan notepad, dan akan tampak seperti screenshot berikut ini

cara mudah update windows 8.1

  • Ganti teks tersebut dengan salah satu konfigurasi di bawah ini bergantung jenis installer Windows 8.1 Anda, apakah professional atau enterprise.

[EditionID]
enterprise
[Channel]
Retail
[VL]
0

[EditionID]
professional
[Channel]
Retail
[VL]
0

  • Bila sudah silahkan Save
  • Buatlah installer Windows 8.1 dengan file yang sudah dimodifikasi tadi, bisa menggunakan flashdisk atau dibakar pada DVD terserah Anda.

Bila semuanya lancar, saat update dijalankan maka proses update akan menampilkan screenshot berikut. Artinya Anda bakal sukses melakukan update Windows 8.1. Tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja.

cara mudah update windows 8.1

O ya, jangan lupa backup dulu file-file penting Anda. Semua program lain yang terinstalasi sebelumnya bakal hilang. Jadi setelah update Anda harus menginstalnya lagi. Folder lama pada drive:c otomatis akan disimpan dalam sebuah folder baru namanya windows.old. Anda dapat menghapusnya untuk menghemat space harddisk setelah update selesai.

Selamat mencoba.

Tags: cara gampang update windows 8.1 cara mudah update windows 8.1 cara update windows 8.1 has failed to validate the product key

Related Post "Cara mudah update Windows 8.1 Professional"

Cara gampang mengatasi sidebar gadget Windows 7 yang error
Kemarin sidebar gadget Windows 7 saya error.
Cara mempercepat booting Windows 7
Anda punya komputer atau laptop yang dual
Cara gampang mengatasi missing mozsqlite3.dll di Windows 7
Saya tidak begitu ingat telah menginstal software
Meningkatkan kecepatan Taskbar Thumbnail Preview pada Windows 7
Windows 7 memiliki interface yang memukau. Salah