Cara gampang mengatasi virus shortcut dan mengembalikan hidden folder

Artikel ini telah dibaca 20914 kali.

Beberapa waktu lalu flashdisk saya terinfeksi virus shortcut. Banyak orang menyebutnya virus meski sebenarnya kata para pakar itu adalah worm. Karena sudah salah kaprah saya pun ikut salah saja. Nah, karena tidak teliti, sang virus shortcut pun menyebar juga ke dua flashdisk saya yang lain.

Sebenarnya virus ini tidak berbahaya, tapi menjengkelkan juga. Dia akan membuat file induk virus di mydocument dengan ekstensi *.mdb, lalu akan membuat file shortcut baru sementara file atau folder asli disembunyikan. Kalau tidak teliti kita akan mengklik shortcut tadi dan viruspun tambah menyebar.

Setelah muter-muter ke sana kemari dan mencoba berbagai cara, akhirnya saya menemukan cara gampang mengatasi virus shortcut dan mengembalikan hidden foldernya.

Cara gampang mengatasi virus shortcut

Daripada ribet mengikuti petunjuk para pakar antivirus, mending Anda coba apa yang telah saya lakukan. Saya mengatasi virus shortcut dengan menggunakan antivirus Avast 5. Di jamin ampuh! Untuk catatan saja Avast 5 ini banyak memakan resources jika dijalankan. Karena itu setelah digunakan saya merekomendasikan untuk di uninstall saja. Jadi hanya digunakan untuk membersihkan virus shortcut saja. Tetapi kalau mau pakai terus ya monggo. Hanya saja harus registrasi untuk aktivasi setelah 30 hari.

avast5

Saya menghapus virus shortcut dengan antivirus gratis Avast 5.

  • Silahkan download di sini.
  • Jika sudah segera instal dan langsung lakukan update. Bila terpaksa tidak diupdate juga bisa dipakai kok.
  • Lakukan scan pada flashdisk atau hardisk yang terinfeksi dan tunggu sampai selesai. Nanti akan muncul notasi mengenai virus yang berhasil discan. Jika muncul pilihan delete atau karantina, pilih delete saja.
  • Restart komputer Anda.

Selamat! Anda berhasil membasmi virus shortcut dari komputer. Langkah selanjutnya adalah menghapus shortcut yang telah dibuat para virus tadi. Anda bisa melakukannya secara manual dengan menghapus satu per satu, atau langsung hapus dalam jumlah banyak dengan menggunakan search pada folder yang ditentukan menggunakan parameter *.lnk (ekstensi shortcut). Hati-hati menggunakan cara ini, jangan sampai shortcut program Anda ikut terhapus atau Anda akan bingung.

Mengembalikan hidden folder karena ulah virus shortcut

Langkah terakhir adalah mengembalikan hidden folder karena ulah virus shortcut. Ada banyak petunjuk di luar sana mengenai cara menampilkan kembali hidden folder, biasanya menggunakan perintah text command misalnya: attrib –S –H. Sebenarnya cara itu gampang karena siapapun bisa melakukannya.

Cara yang saya tunjukkan ini lebih gampang lagi. Saya menggunakan software iReset untuk menampilkan kembali hidden folder. Program ini ringan dan gratis jika digunakan untuk personal. Jika ingin digunakan untuk bisnis Anda harus registrasi untuk memperoleh lisensi.

ireset

Cara mengembalikan hidden folder menggunakan iReset adalah sebagai berikut:

  • Silahkan download programnya di sini dan install
  • Untuk melihat folder yang disembunyikan virus silahkan menuju ke windows explorer lalu pada menu bar klik | Tools | Folder Options | View |. Klik pada Show hidden files dan hilangkan tanda centang pada Hide protected operating system files. Klik OK. Dengan demikian folder yang disembunyikan akan tampak. Cirinya berwarna agak kabur/samar.
  • Untuk menggunakan iReset caranya gampang. Pilih folder yang di hidden lalu drag ke tanda silang pada iReset (lihat screenshot) di atas, lalu klik Reset. Lakukan hal yang sama untuk seluruh hidden file bisa satu per satu atau langsung bersamaan.

Selamat! Anda telah sukses mengatasi virus shortcut dan mengembalikan hidden folder Smile

Tags: antivirus avast cara ekstensi hardisk hidden folder iReset kalau tidak mydocument shortcut teliti untuk virus

Related Post "Cara gampang mengatasi virus shortcut dan mengembalikan hidden folder"

Memecah artikel posting menjadi beberapa halaman dengan GT Tabs
Jika Anda mempunyai artikel posting yang panjang,
Membuat iklan Google Adsense sendiri
Mungkin Anda bingung dengan judul tersebut. Yang
Menggunakan satu mouse dan keyboard untuk menjalankan banyak komputer
Semoga tidak bingung dengan judul posting ini.
Cara membuat instaler Windows 7 menggunakan USB flashdisk
Sebuah installer untuk Windows 7 menggunakan flashdisk