Belajar Dasar SEO 5 : Optimasi blog dengan SEO Doctor

Artikel ini telah dibaca 3348 kali.

Entah sudah berapa bulan saya tidak meneruskan menulis topik SEO ini. Terakhir saya menulis artikel tentang download di sini, dan sekarang baru bisa melanjutkan lagi. Maklum, selain kesibukan offline saya lagi repot mengangkat rank blog saya yang lain.

Waktu mau merawat blog ini yang baru berumur kurang dari 3 bulan, saya baru ingat punya seri artikel blog yang sekarang ini yang belum rampung. Dulu seri artikel itu saya tulis di blog saya yang lain, dan terpaksa boyongan dan metamorfosis menjadi blog yang sekarang ini. Soalnya yang dulu rank dan trafficnya hancur gara-gara tak buat eksperimen waktu pingin tau efek di search engine kalo gonta ganti template. Ternyata beneran hancur. Nah, ini pengalaman yang harus dibagi. Sebisa mungkin gak usah ganti template blog. Kalau mau buat blog baru diusahakan fix dan sreg bener baru disubmit. Kalau sudah terindeks di Google trus ganti template lagi bakalan hancur kayak blog saya.

Ok, langsung saja, ini lanjutan dari artikel terakhir mengenai SEO. Kok terakhir? Iya. Setelah kita mentukan platform blog, mestinya kita terus buat blog. Terserah mau pakai Blogger atau WordPress gratis, atau WordPress selfhosted. Kalau belum tau bedanya baca dulu di sini.

Setelah membuat blog, langkah selanjutnya adalah mengembangkan, merawat, dan melakukan optimasi SEO baik onpage maupun offpage. Nah, inilah masalahnya. Langkah terakhir ini justru yang paling relatif dan paling banyak metodenya. Mulai langkah sederhana membuat meta tag, mendaftarkan sitemap, hingga langkah optimasi yang jumlahnya bejibun. Karena begitu banyaknya maka saya tidak bisa menjelaskannya satu persatu. Jangankan saya yang masih newbie, para pakar SEO pun kalau sudah masuk bagian ini juga bakal bingung sendiri.

Mayoritas teknik SEO onpage dan offpage ini dapat Anda baca di baca dulu di sini. Jika Anda baca artikelnya ya seperti itulah berbagai contoh optimasinya. Itu baru sebagian kecil, karena baru itu yang sempat saya tulis.

 

Optimasi blog menggunakan SEO Doctor

Untuk mempermudah langkah optimasi blog, kali ini saya ingin berbagi tentang sebuah free addon Firefox yang bernama SEO Doctor. Addon ini akan memandu kita melakukan optimasi dengan menunjukkan beberapa parameter yang telah optimal dan parameter lain yang perlu dioptimasi. Jadi lebih praktis.

Jika telah terinstall, di bagian bar bawah Firefox akan tampil menu seperti screenshot berikut:

seo doctor

seo doctor

Perhatikan bahwa berbagai parameter tersebut akan muncul kalau bar bawah sebelah kiri (di atas tombol start) di klik. Parameter tersebut menunjukkan mulai dari keterangan apakah blog Anda sudah SEO friendly atau belum, hingga ke masalah index page.

Jika muncul tanda centang hijau, itu artinya optimasinya ok. Kalau tandanya petir kuning berarti parameter tersebut perlu diperhatikan. Jika tanda stop merah berarti ada sesuatu yang salah atau belum dioptimasi. Keterangan yang relevan akan muncul jika tanda segitiga kecil hitam di klik, berupa deskripsi singkat dan link menuju ke situsnya Vladimir Prelovac sang pembuat addon, bila Anda ingin memperoleh penjelasan lebih lengkap.

Sudah cukup lama saya menggunakan addon ini dan terbukti efektif untuk optimasi blog. Jika parameter tersebut kita setting dengan benar, maka nilai optimasi akan muncul. Semakin tinggi nilai optimasi semakin bagus. Menurut Vladimir, nilai optimasi harus diusahakan paling rendah 50%.

Kalau tertarik, silahkan download di sini.

Semoga berguna.

 

Blogger Labels: onpage,optimasi blog,optimasi blog,SEO Doctor,SEO

Tags: artikel tentang belum bener blog eksperimen google meta tag metamorfosis mulai pengalaman pingin Terakhir

Related Post "Belajar Dasar SEO 5 : Optimasi blog dengan SEO Doctor"

Tips memilih hosting pada Top Hosting Companies
Blogger 2012 - Bagi seorang webmaster, domain
Screengrab : Add-ons Firefox untuk capturing image
Jika Anda seorang blogger yang rajin menulis
Bagaimana mereka melihat profile kita di Google+ ?
Anda tahu, jika menggunakan Facebook lebih sulit
DUA KALI KENA BLOCKING !
Saat ini saya suntuk berat. Betapa tidak?