Tutorial video editing Sony Vegas 10 : Cara burning DVD (5)

Artikel ini telah dibaca 22039 kali.

Ini adalah seri terakhir tutorial video editing menggunakan Sony Vegas. Jika belum membaca mulai awal, inilah serinya:

  • Cara membuat dan mengatur teks (titling)
  • Cara membuat dan mengatur teks (titling)
  • Cara membuat dan mengatur teks (titling)
  • Cara membuat dan mengatur teks (titling)

Jika sudah mencoba melakukan editing video dengan Sony Vegas seperti tutorial tersebut, maka langkah terakhir adalah membakar (burning) klip video tersebut ke media CD atau DVD.

Membakar video ke CD atau DVD sangat bergantung pada jenis proyek video yang telah kita tentukan sebelum melakukan editing video, apakah ingin membuat video CD ataukah jenis video DVD. Jika ingin membuat video CD, maka format video editingya harus diset ke jenis kompresi mpeg1 atau mpeg2. Bila ingin membuat video DVD maka jenis kompresinya minimal harus mpeg2.

Pada banyak jenis video biasanya memiliki menu pilihan untuk diputar. Menu ini tampil pertama pada saat keping CD/DVD diputar pada player. Umumnya menu ini selalu didapati pada format DVD.

Ada banyak program untuk membuat menu semacam itu. Ada yang program mandiri khusus untuk membuat menu DVD, ada pula yang terintegrasi seperti Ulead yang mulai seri 12 telah diambilalih oleh Corel. Kalau saya lebih suka menggunakan Sony DVD Archithec. Itu program keluaran Sony juga yang khusus digunakan untuk membuat menu DVD.

Cara burning DVD Sony Vegas

Oke sekarang kembali ke proyek video Anda. Seumpama semua langkah editing sudah selesai, kita akan melakukan finishing dengan memindahkan hasil editing video ke format CD/DVD agar bisa diputar langsung pada DVD Player.

Ada dua cara untuk melakukan burning video dengan Sony Vegas. Cara pertama adalah on the fly burning. Dengan cara ini kita bisa langsung membakar DVD melalui Sony Vegas. Saya tidak merekomendasikan cara ini, karena begitu dijalankan maka Sony Vegas akan merender video dan langsung melakukan burning. Jika ada kesalahan editing, maka kita harus memperbaikinya kembali, dan artinya kita akan buang keping DVD yang sudah terlanjur terbakar tadi. Jadi tidak efisien.

Cara kedua, kita convert hasil editing tersebut ke format kompresi mpeg1 atau mpeg2, baru diburning menggunakan program lain semisal Nero atau Ashampoo. Cara ini lebih efektif, karena setelah selesai merender ke format mpeg, kita bisa melihat dulu apakah hasil edit video sudah fix atau belum. Jika ada kesalahan kita bisa perbaiki lalu merender ulang file mpeg tersebut. Kalau sudah fix baru diburning. Menurut saya ini lebih efisien karena tidak akan membuang keping DVD secara percuma.

Yang saya akan bahas adalah cara kedua. Untuk memulainya silahkan klik menu | File | di pojok kiri atas. Klik menu  |Render As | (Jika ingin mencoba cara pertama silahkan klik | Make Movie |). Lihat gambar di bawah.

Setelah kita pilih | Render As | akan muncul jendela berikut.

Perhatikan:

  • File Path : isikan nama file dan tempat dimana akan menyimpan file videonya.
  • Format : piliha mpeg1 untuk membuat VCD, atau mpeg2 untuk membuat DVD
  • Template : pilih DVD PAL. Ini dikarenakan mayoritas player di Indonesia menggunakan tipe PAL.
  • Yang lain biarkan apa adanya

Jika sudah silahkan klik | Next | dan Sony Vegas akan melakukan rendering.

Tunggulah hingga proses rendering selesai. Ini bisa beberapa menit hingga beberapa jam, bergantung pada besar video dan spesifikasi komputer Anda.

Jika sudah selesai, kita bisa mencoba putar di Windows Media Player atau program lain untuk melihat apakah hasil editing kita telah fix ataukah masih ada kesalahan. Jika sudah fix kita siap memindahkannya ke media DVD. Anda bisa gunakan DVD burning semacam Nero

Jika ada pertanyaan, koreksi, atau tambahan, silahkan cantumkan di kolom komentar.

Selamat mencoba

Banyak yang mencari:

Tags: burning dvd cara burning dvd cara membuat dvd cara membuat dvd sony vegas tutorial sony vegas tutorial vegas

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Tutorial video editing Sony Vegas 10 : Cara burning DVD (5)"

Cara Aktivasi Camtasia Studio 8
Cara aktivasi Camtasia Studio 8 ini menjelaskan
Tutorial video editing Sony Vegas 10 : Pengenalan fungsi (1)
Saya yakin Anda sudah pernah mendengar tentang
Awas! Perhatikan Google Freshness!
Hari ini saya heran. Blog saya mengalami
Cara membuat Windows XP menjadi asli
Ada alternatif lain untuk membuat Windows XP