Home » Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula (1) : Konsep dasar ngeblog

Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula (1) : Konsep dasar ngeblog

Artikel ini telah dibaca 1562 kali.

Blogger 2012 – Sampai sekarang saya belum pernah menjumpai tutorial utuh tentang membangun blog berplatform WordPress selfhosted. Maksud saya dengan ‘utuh’ adalah menjelaskan mulai konsep dasar blogging, cara membangun dan mengembangkan blog, optimasi blog (SEO), hingga ke masalah monetisasi blog. Hampir semua yang saya jumpai hanya menampilkan tutorial sepotong konsep dari keseluruhan apa yang disebut blogging. Bahkan ebook yang kita dapat baik secara gratis atau beli sekalipun, tidak/belum ada yang menjelaskan konsep ngeblog secara holistik (atau saya yang tidak tahu ya?)

Banyak ebook menjelaskan cara membangun blog gratis di Blogspot, WordPress, atau blog serve yang lain. Sementara ebook lain menjelaskan bagaimana cara mengelola hosting. Mungkin ebook yang lain lagi membahas cara monetisasi blog atau optimasi blog. Karena itulah, waktu pertamakali belajar ngeblok dulu saya sempat bingung, jadi harus bolak-balik cari informasi. Agar rekan blogger pemula tidak mengalami hal itu, cukup ikuti saja artikel ini.

Nah, dengan menulis seri Tutorial Lengkap WordPress Selfhosted ini bukannya saya sok pintar. Sama sekali bukan. Saya hanya mencoba sharing dengan menuliskan apa yang telah saya pelajari selama ini, mencoba merangkumnya, dan mengaturnya dalam konsep yang urut mulai konsep yang sederhana hingga yang lebih expert. Dengan demikian rekan blogger pemula yang ingin belajar ngeblog bisa lebih mudah untuk memahami dan mempraktekkannya. Paling tidak begitulah harapan saya.

Sebagai catatan, artikel ini saya beri judul Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula, bukan berarti semua hal tentang blogging akan tercover di sini. Bukan. Saya hanya menulis konsep pokoknya saja secara urut. Tidak mungkinlah kita menulis semua konsep secara rinci, mengingat informasi di dunia internet bersifat sangat dinamis dan boleh dikatakan tak terbatas.

Okelah. Untuk artikel pertama ini sebaiknya rekan blogger pemula memahami dulu mindset dan konsep dasar blogging. Yang pertama ini penting! Jadi kalau benar-benar ingin belajar ngeblog, silahkan baca yang ini dulu:

  • Menentukan platform blog
  • Menentukan platform blog
  • Menentukan platform blog
  • Menentukan platform blog

Itu dulu ya. Berikutnya nanti saya sambung di artikel kedua.

Banyak yang mencari:

5 comments

  1. Ok Artikel says:

    Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratunya… Kunjungi Artikel SEO Termurah Dengan Niche Terlengkap… Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas…

  2. tutorial wordpress pemula says:

    We’ve study a few exceptional products the following. Definitely worthy of book-marking for revisiting. I wonder the best way so much attempt you place to produce this kind of great insightful web site.

Comments are closed.