Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula (1) : Konsep dasar ngeblog

Artikel ini telah dibaca 1822 kali.

Blogger 2012 – Sampai sekarang saya belum pernah menjumpai tutorial utuh tentang membangun blog berplatform WordPress selfhosted. Maksud saya dengan ‘utuh’ adalah menjelaskan mulai konsep dasar blogging, cara membangun dan mengembangkan blog, optimasi blog (SEO), hingga ke masalah monetisasi blog. Hampir semua yang saya jumpai hanya menampilkan tutorial sepotong konsep dari keseluruhan apa yang disebut blogging. Bahkan ebook yang kita dapat baik secara gratis atau beli sekalipun, tidak/belum ada yang menjelaskan konsep ngeblog secara holistik (atau saya yang tidak tahu ya?)

Banyak ebook menjelaskan cara membangun blog gratis di Blogspot, WordPress, atau blog serve yang lain. Sementara ebook lain menjelaskan bagaimana cara mengelola hosting. Mungkin ebook yang lain lagi membahas cara monetisasi blog atau optimasi blog. Karena itulah, waktu pertamakali belajar ngeblok dulu saya sempat bingung, jadi harus bolak-balik cari informasi. Agar rekan blogger pemula tidak mengalami hal itu, cukup ikuti saja artikel ini.

Nah, dengan menulis seri Tutorial Lengkap WordPress Selfhosted ini bukannya saya sok pintar. Sama sekali bukan. Saya hanya mencoba sharing dengan menuliskan apa yang telah saya pelajari selama ini, mencoba merangkumnya, dan mengaturnya dalam konsep yang urut mulai konsep yang sederhana hingga yang lebih expert. Dengan demikian rekan blogger pemula yang ingin belajar ngeblog bisa lebih mudah untuk memahami dan mempraktekkannya. Paling tidak begitulah harapan saya.

Sebagai catatan, artikel ini saya beri judul Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula, bukan berarti semua hal tentang blogging akan tercover di sini. Bukan. Saya hanya menulis konsep pokoknya saja secara urut. Tidak mungkinlah kita menulis semua konsep secara rinci, mengingat informasi di dunia internet bersifat sangat dinamis dan boleh dikatakan tak terbatas.

Okelah. Untuk artikel pertama ini sebaiknya rekan blogger pemula memahami dulu mindset dan konsep dasar blogging. Yang pertama ini penting! Jadi kalau benar-benar ingin belajar ngeblog, silahkan baca yang ini dulu:

  • Menentukan platform blog
  • Menentukan platform blog
  • Menentukan platform blog
  • Menentukan platform blog

Itu dulu ya. Berikutnya nanti saya sambung di artikel kedua.

Tags: belajar ngeblog tutorial tutorial blog tutorial ngeblog tutorial wordpress tutorial wordpress selfhosted wordpress

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Tutorial lengkap WordPress Selfhosted untuk pemula (1) : Konsep dasar ngeblog"

Cara mudah mereset password WordPress
Jika Anda lupa username dan password login
Habis Google Panda terbitlah Google Pinguin
Google PandaSetelah dulu Google merilis update algoritma
Mengenal berbagai jenis hosting
Sebagai seorang blogger atau pebisnis online, ada
Pengguna plugin STT2 sebaiknya hati-hati terhadap Google Panda
Rekan blogger tentu sudah pada tahu mengenai