Sitemap Blogger Yang Lebih Lengkap

Artikel ini telah dibaca 1537 kali.

Artikel yang saya posting ini masih tentang sitemap. Kalau yang dulu saya sudah menulis tentang cara yang dulu blog kita, sekarang saya sharing tentang mendaftarkan sitemap yang lebih lengkap untuk Blogger.
Seperti kita ketahui sitemap adalah serangkaian kode text yang harus kita daftarkan pada mesin pencari mengenai semua content dan halaman dalam blog kita. Membuat sitemap yang baik dan lengkap sangat diperlukan agar Google dan mesin pencari yang lain misalnya Bing dan Yahoo bisa melakukan crawling ke blog kita dengan lebih baik. Ini berarti juga ada harapan untuk meningkatkan traffic.
Idealnya, sitemap yang baik harus mengandung semua alamat URL dari suatu blog atau situs. Masalahnya, kalau kita menggunakan Blogger sebagai hosting, ternyata sitemap defaultnya tidak selengkap jika menggunakan WordPress. Ini salah satu dari sekian banyak kekurangan Blogger dibanding WordPress. Default sitemap bawaan Blogger hanya mampu (atau dibuat begitu) membaca sekitar 26 halaman terbaru dari update blog kita! Ini bisa jadi masalah karena halaman lama blog kita yang lepas dari pantauan sitemap tidak akan lagi terindex oleh Google.
Wah, trus gimana dong? Gak usah kuatir. Ada cara gampang untuk mengatasi masalah itu. Caranya buat sitemap blog kamu dengan sitemap generator. Kalau masih bingung atau gak tau caranya baca posting saya yang dulu. Nah, setelah kamu dapat kode sitemapnya, lakukan modifikasi seperti gambar di bawah ini, kemudian daftarkan lagi ketiga kode sitemap tadi melalui Webmaster Tools. Perhatikan jumlah angkanya. Kamu tinggal mengubah besar angkanya sesuai dengan kapasitas artikel dalam blog kamu. Lihat gambar bawahnya lagi.

Untuk Blogger kamu mesti melakukan pendaftaran secara manual satu per satu. Sedangkan untuk Bing dan Yahoo kamu tinggal lakukan klik pada link kodenya. Kalau sukses hasil pendaftaran sitemap kamu tampak seperti gambar di bawah ini.



Kalau gagal akan tampak tanda silang merah atau oranye, berarti ada yang salah tentang kode sitemap kamu. Untuk melakukan verifikasi apakah filenya sudah ada di blog kamu silahkan dicek dengan mengetikan sitemap URL kamu dibrowser.
Gampang kan?

Tags: blog cara cara membuat gambar google halaman kamu Kode melakukan menulis mesin pencari modifikasi sitemap tidak akan untuk

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Sitemap Blogger Yang Lebih Lengkap"

Membuat dan Mendaftarkan Sitemap Blogger
Supaya blog kita bisa cepat terindex oleh
FREE HOSTING PAKAI BLOGGER : Membuat Free Domain Dulu
Kalau Anda adalah pemula yang belajar ngeblog
Cara memasang Google Plus One button di Blogger
Google telah merilis sebuah fitur alternatif dari
Pasang Style Dropcap pada Blogger
Dropcap adalah salah satu style yang sering