Pertamakali mencicipi Cloud Computing

Artikel ini telah dibaca 1351 kali.

Saya pernah menulis artikel di blog ini mengenai cloud computing. Jika ingin tahu apa itu cloud computing silahkan baca dulu artikel tersebut.

Kemarin, secara tidak sengaja pas blogwalking ke Perancis, saya menemukan sebuah situs layanan cloud computing. Karena belum pernah mencoba cloud computing, saya pikir inilah saatnya mencicipi teknologi masa depan yang bakal menggeser cara komputasi tradisional sekarang ini.

Ya, kelak semua aplikasi komputer dan penyimpanan data akan dijalankan secara online ‘di awan’ (cloud). Jadi kita tidak perlu lagi pusing mencari software semacam Microsoft Word misalnya, karena semua bisa kita pakai secara gratis.

Yang lebih bagus lagi, kita bisa memanfaatkan komputer jadul sekelas Pentium II atau Pentium II untuk menjalankan cloud computing ini. Syaratnya cuma satu, Anda harus terkoneksi ke internet dengan kecepatan yang cukup. Lebih tinggi lebih baik, minimal sama seperti menggunakan Speedy.

Okelah. Inilah tampilan dekstop cloud computing ketika saya akses pertamakali. Tentu saja untuk bisa menggunakannya Anda harus signup lebih dulu.

Setelah mendaftar Anda bisa login, dan inilah tampilan dekstop cloud computing.

Perhatikan, setiap ikon telah saya beri keterangan fungsinya. Berikut ini screenshot dari setiap fungsi jika dibuka.

Menambah jumlah aplikasi. Kita tinggal memilih aplikasi apa saja yang kita butuhkan, lalu klik Add. Sangat banyak aplikasi yang tersedia di sini. Silahkan eksplor sendiri.

Streaming. Tersedia media streaming mulai dari permainan Angry Birds hingga ke pemutar musik online. Anda juga bisa terkoneksi dengan teman yang telah terjalin, karena cloud computing ini juga berfungsi sebagai jejaring sosial.

Data storage. Inilah bagian penyimpanan data online. Apa pun bisa Anda simpan di sini, menggunakan media Google Docs atau Dropbox. Keunggulan penyimpanan online seperti ini adalah: bisa diakses dari manapun, aman, dan tak lekang oleh waktu.

Profile setting. Di bagian ini Anda bisa mengatur profile. Terdapat juga fitur Badges.

Mengganti background dekstop. Telah disediakan berbagai wallpaper untuk dekstop. Anda tinggal memilih.

Pertamakali mencicipi Cloud Computing

Sekarang bagaimana dengan contoh penggunaan aplikasi online-nya?

Oke, kita akan coba masuk ke dekstop page ke-2, sebagai contoh di sana ada ikon Office Live. Jika diklik, akan muncul jendela baru seperti screenshot berikut.

Inilah Windows Live untuk menjalankan Office Live dan didukung oleh penyimpanan online SkyDrive. Untuk bisa menggunakan Office Live, Anda harus punya account Windows Live ID. Gampang saja caranya, silahkan sign up dengan sembarang email. Setelah selesai mendaftar silahkan sign in. Anda dibawa masuk ke jendela baru seperti di bawah ini.

Lihat ikon dalam kotak merah. Itulah aplikasi Office Live. Tersedia di sana Word, Excel, Powerpoint, dan Acces. Kita akan coba klik ikon MSO Word dan jendela yang muncul seperti ini.

Untuk memulai menggunakan Word, Anda harus memasukkan nama file yang ingin dibuat lalu klik Save, dan tampillah jendela Microsoft Word seperti berikut ini.

User interfacenya persis seperti Microsoft Word 2010. Silahkan mulai bekerja. Jika sudah selesai jangan lupa klik ikon Save di pojok kiri atas. Dokumen Anda akan tersimpan secara online di SkyDrive. Untuk membukanya Anda hanya perlu log in lalu bukalah dokumen seperti biasanya.

Itulah rasanya menggunakan cloud computing.

Sebenarnya tidak berbeda dengan menggunakan PC atau laptop dan menjalankan aplikasi seperti biasanya. Bedanya, proses ini harus dilakukan secara online.

Apa keuntungannya? O, banyak. Yang jelas teknik cloud computing ini akan memberi pengalaman baru yang menyenangkan dalam berkomputasi. Dalam waktu dekat ini.

Ingin mencoba? Silahkan ke sini.

Tags: apa itu cloud computing cloud computing mencoba cloud computing

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Pertamakali mencicipi Cloud Computing"

Lagu Buat Alien
Ahli Fisika Teoritis terkemuka asal Inggris yang
Little Story of Google
Reputasi Google sebagai mesin pencari saat ini
Facebook Messenger bakal saingi YM
Mungkin sudah banyak para pengguna tablet Android
Inilah Google Plus yang telah saya coba !
Mungkin Anda telah mendengar bahwa Google bakal