Menggunakan satu mouse dan keyboard untuk menjalankan banyak komputer

Artikel ini telah dibaca 4602 kali.

Semoga tidak bingung dengan judul posting ini. Tapi kita memang bisa menggunakan satu mouse dan keyboard untuk menjalankan banyak komputer. Kok bisa? Iya. Bahkan tidak perlu menambah hardware sama sekali. Kita hanya perlu menggunakan program yang disebut Mouse without Borders.

Kita bisa melakukan banyak hal dengan mouse dan keyboard kita untuk menjalankan layaknya satu komputer. Jika ingin berpindah ke layar komputer yang lain, kita hanya perlu melanjutkan drag ke komputer kiri atau komputer kanan. Selain itu kita juga bisa melakukan copy-paste untuk memindahkan file antar komputer secara langsung.

Menggunakan satu mouse dan keyboard untuk menjalankan banyak komputer

Untuk bisa menjalankan cara ini syaratnya pada semua komputer yang ingin dihubungkan harus terinstal program tersebut, dan semuanya terhubung ke satu jaringan LAN atau internet. Saya telah mencoba menggunakan 4 laptop yang semuanya terhubung ke Homework Wifi, dan berlangsung lancar.

Langkah-langkah untuk mencobanya adalah sebagai berikut:

  • Instal program tersebut ke seluruh komputer yang ingin dikoneksikan
  • Hubungkan setiap komputer ke satu jaringan. Biasanya dikoneksikan ke satu nama grup.
  • Sekarang tentukan komputer utamanya, lalu jalankan program dengan mengklik icon program pada taskbar. Biasanya setelah diinstal akan tampil jendela baru yang meminta security key dan computer name. Untuk mengetahui seucrity key masing komputer, silahkan klik kanan pada icon program di taskbar, lalu klik Setting. Di sana akan muncul security key dan nama komputer.
  • Jika Anda menggunakan komputer A yang ingin dikoneksikan dengan komputer B, maka masukkan security key dan nama komputer B ke komputer A, dan sebaliknya. Setelah itu klik OK untuk menghubungkannya. Jika sukses akan tampil gambar seperti ini:

Sekarang gerakkan mouse Anda misalnya hingga mendekati tepi batas monitor sebelah kanan. Jika dilanjutkan menggeser mouse lagi ke sebelah kanan otomatis mouse akan berpindah ke monitor komputer di sebelah kanan. Demikian pula jika Anda menggeser mouse ke sebelah kiri.

Sangat mungkin tidak semua orang memerlukan teknik ini, karena sangat jarang orang yang bekerja dengan lebih dari satu komputer. Tetapi sebagai pengetahuan baru menurut saya ini bagus. Kalau tertarik Anda bisa download programnya di sini.

Tags: keyboard komputer laptop menjalankan dua komputer mouse teknologi

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Menggunakan satu mouse dan keyboard untuk menjalankan banyak komputer"

Cara backup Windows Live Writer
Selama karier online, Windows Live Writer selalu
Cara backup driver yang sudah terinstal
Cara backup driver yang sudah terinstal Beberapa
Cara membuat installer Windows 8 dengan USB Flashdisk
Saya pernah menulis cara membuat Flashdisk Installer
Gunakan software Indexer agar website gampang terindeks oleh Google
Indexing halaman website kita di mesin pencari