Menggunakan Filezilla untuk mengelola blog WordPress (1) : Cara menggunakan Filezilla

Artikel ini telah dibaca 3791 kali.

Blogger 2012 – Jika Anda memiliki blog berplatform WordPress selfhosted, Anda bisa menggunakan program FTP (File Transfer Protocol) namanya Filezilla untuk melakukan pengelolaan blog. Program ini sangat berguna untuk melakukan banyak tugas yang berurusan dengan maintenance blog, mulai instalasi plugin, theme, modifikasi blog, mengatur file permission, hingga menginstal WordPress.

Cara transfer file ke server menggunakan Filezilla

Sebenarnya ada banyak jenis program FTP semacam ini, mulai yang gratis hingga berbayar. Saya pribadi lebih suka menggunakan Filezilla. Selain gratis menurut pengalaman saya juga lebih stabil dibanding program FTP yang lain. Bila belum menggunakan program ini, silahkan download di sini, lalu silahkan instal.

Untuk dapat menggunakannya Anda harus memasukkan alamat FTP server dan password yang telah diberikan oleh penyedia jasa hosting saat Anda membeli domain dan hosting.

Cara setting account-nya sebagai berikut:

  • Klik | Open Site Manager | dibawah menu File
  • Akan tampil jendela baru seperti screenshot di bawah ini.

  • Klik | New Site | untuk membuat koneksi baru ke blog Anda. Isikan juga alamat FTP server pada kolom host, dan masukkan account Anda pada kolom user, dan password. Jika sudah selesai klik | OK |
  • Jika bingung mengenai alamat FTP server dan account Anda silahkan hubungi customer support dimana Anda membeli hosting.

Untuk melakukan koneksi ke server hosting Anda harus terhubung dengan internet. Silahkan klik segitiga kecil di sebelah kanan menu Open Site Manager, lalu pilihlah hosting blog mana yang hendak dibuka.

Jika koneksi sukses, akan tampil screenshot seperti di bawah ini.

Lihatlah pada jendela sebelah kanan atas (jendela windows server). Tampak di sana folder dengan tanda tanya. Itu artinya folder tersebut belum dibuka. Untuk membukanya silahkan klik salah satu folder satu kali dan tanda tanya akan hilang. Pada jendela di bawahnya akan muncul isi folder yang Anda buka.

Untuk melakukan fransfer file dari komputer ke server tinggal drag saja sebuah file atau folder dari jendela kiri (komputer Anda) dan tempatkan pada folder tujuan di jendela sebelah kanan. Sedangkan langkah sebaliknya untuk mengcopy file dari server.

Posting berikutnya mengenai contoh penggunaan FTP Filezilla untuk menginstal plugin WordPress.

Tags: cara transfer file ke server Filezilla FTP instal wordpress dengan FTP mengelola blog dengan Filezilla menginstal plugin dengan Filezilla

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Menggunakan Filezilla untuk mengelola blog WordPress (1) : Cara menggunakan Filezilla"

37 Free Premium WordPress Themes
Saya sharing lagi tentang theme wordpress. Berikut
Free Premium WordPress Theme
Bagi Anda yang mencari theme Wordpress dengan
Tutorial lengkap memindahkan hosting WordPress selfhosted
Seminggu ini saya suntuk berat. Gara-garanya blog
Pengguna plugin STT2 sebaiknya hati-hati terhadap Google Panda
Rekan blogger tentu sudah pada tahu mengenai