Mengatasi error Xmlrpc saat posting menggunakan Windows Liver Writer

Artikel ini telah dibaca 2785 kali.

Menulis artikel untuk posting menggunakan Windows Live Writer memang menyenangkan. Dengan program ini kita bisa menulis artikel secara offline dan bisa melihat preview-nya sebelum fix untuk di posting.

Masalahnya saat hendak publish artikel, kadang kita menerima notifikasi error begini:

The response to the metaWeblog.newPost method received from the weblog server was invalid:

Invalid response document returned from XmlRpc server

Menurut pengalaman saya, biasanya error semacam itu muncul setelah kita melakukan modifikasi/mengganti theme blog WordPress. Namun bisa juga disebabkan oleh kemungkinan lain, misalnya: crash plugin, Xmlrpc belum enable, kesalahan proxy, memori server terlalu kecil, atau masalah setting file permission. Pastinya saya sendiri tidak tahu.

Meskipun muncul notifikasi tersebut sebenarnya publish artikel tetap masuk ke blog kita. Cuma rasanya mengganggu bila setiap kali publish artikel selalu muncul notifikasi semacam itu.

Untuk mengatasi masalah ini ada banyak cara. Saya sarankan untuk mencoba langkah di bawah ini satu persatu hingga error tersebut bisa diperbaiki.

Perhatikan! Setiap kali satu langkah telah Anda lakukan, cobalah untuk publish artikel, lalu silahkan cek pada menu Posts di blog Anda. Jika posting bisa masuk tetapi masih muncul notifikasi error seperti di atas, silahkan coba langkah yang lain. Jangan lupa hapuslah (trash) artikel Anda agar tidak di-detect sebagai duplicat content oleh Google.

Berikut ini langkah yang bisa Anda coba:

  1. Cek dulu apakah setting Xmlrpc pada blog sudah enable atau belum. Caranya masuk ke account admin lalu masuk ke menu | Setting | Writing | lalu beri tanda centang (checklist) pada XML-RPC.
  2. Selain notifikasi error seperti di atas, bisa juga muncul notifikasi error seperti ini: http://<hostname>/<wp_path>/xmlrpc.php. Gantilah dengan :
  3. Cek pada Manage Blog Accounts di Live Writer, dobel klik pada account blog yang error, lalu pastikan pada Markup Language terpilih HTML dan bukan XHTML
  4. Gunakan FTP misalnya Filezilla untuk mengubah setting file permission pada file xmlrpc.php. Letaknya biasanya di sini: ftp://namabloganda.com/public_html/xmlrpc.php. Jika sudah ketemu klik kanan pada file tersebut, lalu pilih File Permissions, ubah nilainya pada Numeric value menjadi 777 atau beri tanda centang semua lalu OK.
  5. Hapuslah blog account yang error di Live Writer, lalu buat lagi account yang baru.
  6. Matikan (deactivate) semua plugin blog Anda lalu aktifkan satu persatu sembari mencoba publish artikel hingga ditemukan plugin yang crash. Kalau Anda expert bisa langsung melihat daftar error log dan temukan di sana error yang terjadi.
  7. Jika semua langkah di atas tidak bisa menyelesaikan masalah, maka saya sendiri tidak bisa lagi memberi solusi. (hi hi hi …)

Tags: error Xmlrpc error Xmlrpc pada Windows Liver Writer Invalid response document returned from XmlRpc server Windows Liver Writer

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Mengatasi error Xmlrpc saat posting menggunakan Windows Liver Writer"

Cara membuat instaler Windows 7 menggunakan USB flashdisk
Sebuah installer untuk Windows 7 menggunakan flashdisk
Cara efektif mendaftarkan sitemap ke search engine besar
Blogger 2012 - Seperti telah diketahui, search
Mempercepat akses Speedy pada Mozilla Firefox
Kompumedia - Saya suka suntuk kalau Speedy
Mengetik artikel dengan MS Word online
Saya yakin semua PC atau laptop Anda