Mengatasi error 1907: ‘Could not register font’ saat instalasi Microsoft Office 2010

Artikel ini telah dibaca 8873 kali.

Sudah mencoba Microsoft Office 2010? Keren habis dah! Tampilannya bagus, elegan, dan fitur lebih lengkap dengan popup menu yang memudahkan dan mempercepat kerja kita. Waktu opening juga lebih cepat, jadi tampak lebih ringan. Jika Anda telah jenuh menggunakan MSO 2007, maka Anda layak mencoba versi 2010 ini.

Banyak fungsi baru ditambahkan pada versi teranyar ini. Tampilan popup menu pada dasarnya mirip dengan MSO 2007 dengan penambahan beberapa fitur dan pengaturn posisi popup menu yang memudahkan. Berbagai efek untuk visualisasi dokumen dan image juga lebih lengkap dan lebih mudah penggunaannya.

Salah satu kelebihan yang saya suka adalah penerapan style untuk pengetikan dokumen. Kalau versi yang lama suka susah dan kacau kalau kita mau menerapkan berbagai style text yang berbeda. Itu tidak terjadi dengan MSO 2010 ini. Dulu kalau mengetik dokumen saya tidak pernah menggunakan MS Word ya gara-gara soal style yang ruwet ini. Makanya dari dulu saya pakai Pagemaker sebelum menggunakan InDesign CS4 sampai sekarang.

Berikut ini beberapa screenshotnya. Saya tidak instal semua programnya, cukup pilih Word, Excel, Power Point, dan kalau perlu Publisher.

image
Microsoft Word 2010

image
Microsoft Excel 2010

image
Microsoft Power Point 2010

Microsoft Publisher 2010

Gimana? Keren kan? Nah, kalau tertarik Anda bisa donlot sendiri, kira-kira seminggu udah kelar kok. Alamatnya silahkan cari di forum sebelah. Atau kalau gak mau repot, pesan ke saya juga bisa.

Mengatasi error could not register font saat instalasi Microsoft Office 2010

Sayangnya, ada sedikit masalah sewaktu instalasi MSO 2010 ini karena selalu muncul pesan eror seperti ini:

Error 1907. Could not register font. Verify that you have sufficient permissions to install fonts, and that the system supports this font

Sebenarnya kalau instalasi diteruskan ya gak masalah, karena program ini bisa dipakai dengan lancar dan bebas masalah. Cuma saja setiap kali program dieksekusi akan muncul pesan error seperti di atas.

Usut punya usut, ternyata itu error karena masalah font. Pada Windows ada banyak font system yang ditandai sebagai system protected. Jadi mereka, para font, itu menolak di-overwritten oleh sistem font baru punya MSO 2010. Akhirnya instalasi MSO 2010 ini yang lapor ke kita kalau ada font yang tidak mau digantikan. Ceritanya gitu.

Terus solusinya gimana? Gampang. Yang musti dilakukan adalah menginstal program update untuk menghapus Windows File Protection pada font yang digunakan oleh Windows, supaya MSO 2010 bisa menginstal font-nya sendiri.

Silahkan download di sini untuk update Windows Vista dan Windows Server 2008. Untuk Windows 7 saya belum dapat info, dan untuk Windows XP saya tidak tahu karena sudah lama meninggalkan XP. Tetapi Anda bisa cari update XP di situsnya Microsofot. Setelah selesai download segera lakukan instalasi update. Sebelumnya matikan semua program MSO 2010 yang sedang berjalan. Jangan lupa restart komputer dulu setelah instalasi update selesai.

O ya, hati-hati kalau mau download di situsnya Microsoft, karena sering meminta validasi keaslian Windows Anda. Kalau ketahuan tidak asli, maka download ditolak dan Windows Anda bisa muncul WGA (Windows Genuine Advantage) yang sangat mengganggu Winking smile.

Update: Cara yang lebih gampang untuk mengatasi error 1907

Cara ini saya peroleh atas petunjuk rekan Isna1dwip. Metode ini lebih cepat dan praktis. Caranya begini:

1. Siapkan installer MSO 2010, lalu ekstrak file cabinet ini (*.cab) menggunakan winrar atau 7-zip:

  • OWOW64WW.cab
  • ProPsWW.cab
  • ProPsWW2.cab

2. Pada masing-masing folder hasil ekstraksi, carilah font yang bertipe TTF (true type font). Agar lebih cepat gunakan menu Find atau klik Type pada jendela windows sebelah kanan.

3. Jika sudah ketemu, copykan semua font (TTF) tersebut ke folder font windows (C:/windows/fonts)

4. Restart komputer Anda.

5. Beres!

Banyak yang mencari:

Tags: could not register font dokumen elegan error 1907 error instal mso 2010 Excel Power Habis mengatasi error instalasi microsoft word 2010 Microsoft Excel microsoft power point microsoft publisher office 2010 error Pesan popup menu posisi publisher microsoft saya Style Text susah Udah

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Mengatasi error 1907: ‘Could not register font’ saat instalasi Microsoft Office 2010"

Cara menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view
  Jika Anda memiliki blog Wordpress selfhosted
10 langkah teknik onpage SEO yang wajib dilakukan
Search Engine Optimization (SEO) adalah langkah memodifikasi
Cara mengubah login screen pada Windows 7
Blogger 2012 - Kali ini saya pingin
Memecah artikel posting menjadi beberapa halaman dengan GT Tabs
Jika Anda mempunyai artikel posting yang panjang,