Membuat running text di status bar browser

Artikel ini telah dibaca 5737 kali.

Pada status bar browser dapat ditampilkan sebuah running text sebagai visualisasi judul blog atau deskripsi singkat dari blog. Text yang telah kita tulis akan tampak berjalan (marque) terus menerus pada status bar. Lihat screenshot di bawah.

image

Kalau tertarik, caranya seperti berikut ini.

Membuat running text di status bar browser

1. Masuk ke Blogger, lalu ke | Layout | Edit HTML |, jangan lupa beri tanda centang pada | Expand widget template |

2. Copy kode ini <head>, letaknya paling atas dari jendela edit HTML.

3. Copy kode di bawah ini, kemudian letakkan (paste) tepat di atas kode <head> tadi.
<script type='text/javascript'>//<![CDATA[msg = "Kompumedia";msg = " Hardware, Software, dan Blogging " + msg;pos = 0;function scrollMSG() {document.title = msg.substring(pos, msg.length) + msg.substring(0, pos); pos++;if (pos > msg.length) pos = 0window.setTimeout("scrollMSG()",200);}scrollMSG();//]]></script>

4. Perhatikan text warna merah. Text pertama silahkan ganti dengan nama blog Anda, sedangkan text kedua silahkan ganti dengan tag atau deskripsi blog Anda. Perhatikan pada text kedua, sebelum dan sesudah text ada satu spasi yang diapit tanda quote (tanda petik), jangan terhapus.

5. Bila sudah selesai klik | Save | dan lihat hasilnya. Pada status bar browser Anda akan tampak running text yang telah Anda buat Smile.

Tags: blog cdata Copy deskripsi document title Membuat satu script type scrollMSG spasi tanda text javascript title msg widget

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Membuat running text di status bar browser"

Mesin Waktu: Fitur teranyar Facebook nan cantik!
Tampaknya Facebook memang tidak tanggung-tanggung dalam melawan
Ping lengkap untuk WordPress
Setelah kita menulis artikel dan melakukan posting,
Navigasi Google+ : Lebih cepat menggunakan shortcut
Berikut ini adalah shortcut yang bisa dipakai
Cara menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view
  Jika Anda memiliki blog Wordpress selfhosted