Membuat dan Mendaftarkan Sitemap Blogger

Artikel ini telah dibaca 2368 kali.

Supaya blog kita bisa cepat terindex oleh mesin pencari sukur-sukur traffic cepet naik, maka ada banyak cara yang dilakukan untuk optimasi blog. Salah satunya adalah mendaftarkan sitemap blog kita.
Sitemap atau peta situs adalah informasi yang bersangkutan dengan keadaanblog atau situs kita, yang akan digunakan oleh mesin pencari untuk melakukan crawling sehingga mempermudah proses index. Bentuk paling sederhana sitemap adalah berupa file XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta metadatanya masing-masing misalnya : kapan terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya. Metadata ini akan membantu search engine sehingga lebih mudah membaca dan melakukan crawling situs kita.
Pada prinsipnya ada tiga langkah dalam proses pendaftaran sitemap ini.
1. Lakukan verifikasi blog. Langkah ini diperlukan Google untuk memastikan kalau blog itu benar punya kamu
2. Buatlah sitemap blog kamu. Ada beragam cara membuat sitemap. Kita akan menggunakan cara yang paling gampang.
3. Daftarkan sitemap blog kamu.


Ok, sekarang langsung saja kita mulai dengan sign in ke account blogger kamu, kemudian masuk ke Webmaster Tools atau klik di sini.
1. Untuk melakukan verifikasi blog kamu klik Add a site, isikan url blog kamu dan klik continue.



2. Akan tampil jendela Verify ownership. Perhatikan kode yang diberikan Google letakknya di bawah meta tag. Copy kode tersebut untuk di cantumkan pada blog kamu. Kalo bingung penempatan kodenya bisa lihat pada contoh di bawahnya.



3. Masuk ke account blog kamu, pada tab layout klik edit HTML, jangan lupa centang Expand Widget Templates. Pastekan kode tersebut sesuai petunjuknya (kalau bingung nyarinya pakai Ctr+F). Klik save template.



4. Kembali ke jendela Verify ownership, klik verify. Selesai. Blog kamu sudah diverifikasi sama Google.


Setelah melakukan verifikasi, sekarang kita buat sitemapnya.
1. Cara cepat untuk membuat sitemap blogger klik di sini. Kemudian isikan url blog kamu dengan lengkap kemudian klik create blogger sitemap.



2. Akan muncul kode seperti berikut ini. Copy kode tersebut untuk didaftarkan ke Google secara manual.



3. Kembali ke dashboard Webmaster Tools. Klik site configuration – sitemap. Kopikan kode sitemap pada bagian kotak kosong tersebut dan klik submit sitemap.



4. Tunggulah sebentar, kemudian klik Show submissions: Mine (sebelah kanan). Jika muncul notifikasi seperti gambar berikut, berarti pendaftaran sitemap kamu sukses.



Pada posting berikutnya kita akan memodifikasi sitemap supaya lebih baik.

Tags: blog cara cara membuat file xml google kamu klik di sini Kode masing meta tag sitemap tab layout untuk

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Membuat dan Mendaftarkan Sitemap Blogger"

Inilah tampilan baru dashboard Blogger yang cantik !
Tampaknya tahun ini Blogger banyak mengadakan perubahan.
Solusi meningkatkan SEO blogspot
Kompumedia - Jika dibanding dengan SEO Wordpress,
Memasang link otomatis pada blogspot
Yang saya sharing kali ini mengenai sebuah