Little Story of Google

Artikel ini telah dibaca 1560 kali.

Reputasi Google sebagai mesin pencari saat ini memang tak tertandingi. Kalau dulu hanya dikenal sebagai search engine, sekarang telah menjadi perusahaan raksasa yang bernilai miliaran dolar dengan ribuan karyawan! Begitu terkenalnya Uncle Goog ini, sampai-sampai muncul istilah googling untuk menyebut saat menggunakan Google. Gak ada kan istilah yahooing? Coba saja tanya orang awam, apa itu Google. Bisa dipastikan mereka akan menjawab: itu, program buat nyari info di internet! Bagi mereka nama Google lebih dikenal daripada search engine itu sendiri. Tapi omong-omong kalau kamu sendiri mania internet, tau gak arti nama Google dan sejarahnya? He he he … gak tau kan? Saya sendiri baru tau saat nulis posting di blog ini.


Konon, nama Google berasal dari kata Googol yang salah eja atau disalahejakan menjadi Google. Kalau di dalam wikipedia Googol mempunyai makna: 10 pangkat 100 atau angka satu yang di ikuti angka seratus nol (ngitungnya gimana ya?). Meskipun tidak ada rilis resmi dari sang pendiri, diduga sebenarnya kata Google berasal dari kata Go Girl! Konon lagi ini ada hubungannya dengan peristiwa saat Sergey, salah satu pendiri Google, sangat suka menonton cherleader. Kebetulan saat itu Google sendiri menjadi sponsor untuk kelompok cherleader tadi, dan memasang logonya di kaos para cheerladies. Trus, mana yang bener? Gak tau … !
Lepas dari masalah nama, ternyata ada cerita singkat yang menarik seputar sejarah berdirinya Google.



Kelahiran dan perkembangan Google dimulai dari kreatifitas dua orang pemuda bernama Larry Page dan Sergey Brin. Saat itu keduanya adalah mahasiswa S2 Universitas Standford di Amrik sana. Sebelum mereka bertemu dan berteman, Lawrence Edward Page yang dipanggil Larry adalah lulusan S1 Universitas Michigan bergelar Bachelor of Science (jurusan Teknik Komputer). Sedangkan Sergey Mikhailovich Brin adalah lulusan S1 di University of Maryland dan bergelar Bachelor of Science.
Konon isu yang beredar mengatakan bahwa pada awal mula bertemu di Standford, mereka selalu bermusuhan karena perbedaan sifat, bahkan juga untuk hal-hal yang kecil. Misalnya saja si Sergey yang playboy, sedangkan Larry cenderung konservatif. Namun demikian mereka mempunyai ketertarikan yang sama terhadap ide perancangan program “search engine”. Hal inilah yang membuat mereka akhirnya saling berteman dan bekerja sama menyelesaikan penelitian mereka. Salah satu karya fenomenal yang merupakan cikal bakal lahirnya mesin pencari adalah penuangan ide kepiawaian mereka dalam buku berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine“.
Sebenarnya pembuatan rancang bangun program search engine itu bukanlah fokus mereka. Keduanya lebih fokus menyelesaikan kuliah S2 untuk mengejar gelar PHd. Karena itu sang embrio Google sempat terbengkalai. Apalagi ketika program tersebut pernah mereka tawarkan ke Yahoo, IBM, dan IBM dan ditolak habis! Hal itu sempat membuat mereka berdua bete dan asanya hampir putus!



Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk berusaha sendiri. Belakangan Eric Schmidt bergabung . Jadilah “the three musketeers” ini bersama merintis Google. Siapa mengira, ketika memutuskan untuk berusaha mandiri, ternyata usaha mereka melesat luar biasa bak skyrocket (meminjam istilah para master bisnis online). Sekarang Google telah menjadi raksasa bisnis internet dengan karyawan puluhan ribu dan aliran uang miliaran dolar! Bahkan Yahoo pun sekarang bersujud kepadanya. Ini mirip dengan cerita IBMyang dimulai dari garasi. Mirip juga dengan cerita pentolan Microsoft, Bill Gates yang dulunya adalah ‘didikan’ IBM.


Saat ini mereka tinggal ongkang-ongkang kaki menikmati kesuksesan. Larry misalnya, suami dari Lucinda Southworth ini memiliki kekayaan sekitar $15.8 milyar (tahun 2008) dan akan terus bertambah. Sedangkan Sergey, suami dari Anne Wojcicki memiliki kekayaan sekitar $18.7 milyar (tahun 2008) dan akan terus bertambah.

Tags: arti nama cherleader google googol kreatifitas mesin pencari sergey brin

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Little Story of Google"

Cara memasang dasi model Windsor
Ada beberapa macam style memasang dasi. Yang
Manipulasi Photoshop : Model cantik dan seksi dari sepotong pizza
Pernah melihat brosur suatu produk kecantikan atau
Cara mudah membuat wanita orgasme melalui C-spot
C-spot adalah bagian klitoris pada bagian intim
Berbagi foto menggunakan Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang