Inilah Google Plus yang telah saya coba !

Artikel ini telah dibaca 1806 kali.

Mungkin Anda telah mendengar bahwa Google bakal meluncurkan social network yang dinamai Google Plus. Meskipun saat ini Google Plus masih dalam uji coba, namun demikian sudah banyak yang memprediksi bahwa Google Plus ini bakal menjadi lawan berat bagi Facebook.

Karena penasaran akibat pemberitaan ini permintaan akun Google Plus meningkat luar biasa. Padahal Google sendiri sudah menerapkan pembatasan akun berdasarkan invite (diundang teman).

Masih ingat Friendster yang sekarang sudah tenggelam digilas Facebook? Kita tidak tahu apakah Facebook yang nanti bakal ganti digilas jejaring sosial baru produk raksasa mesin pencari ini.

Sekarang saya ingin sharing tentang rasanya mencicipi Google Plus yang telah saya coba. Karena tidak mungkin saya sharing semua fitur Google Plus, maka saya akan tampilkan yang paling umum saja. Lagian bisa jadi ada penambahan atau modifikasi fitur dan layanan kalau sudah resmi launching nanti.

Pada prinsipnya tidak ada perbedaan yang cukup mencolok mengenai Facebook dengan Google Plus. Tetapi ada beberapa nilai lebih dari Google Plus, diantaranya:

  • Google Plus cukup bagus dalam menjaga privasi. Di sini terdapat fitur untuk memilih dengan siapa informasi kita share. Contohnya pada kolom komentar, kita diberi pilihan komentar kita mau di-share sama siapa. Jadi tidak semua orang bisa membaca komentar kita.
  • Pada kolom komentar juga tersedia fitur untuk mencantumkan link, video, foto, dan geolokasi yang menampilkan peta posisi dimana kita tinggal. Kalau dilihat dari bentuknya, tampaknya hasil kerja Google Earth.
  • Lingkaran koneksi pertemanan di Google Plus disebut dengan Circle. Kalau di Facebook disebut Friend. Tidak seperti Facebook yang mencampuradukkan semua koneksi kita, di Google Plus koneksi dan relasi kita dikelompokkan menjadi beberapa klasifikasi circle. Misalnya circle friend, family, kenalan, kolega, dan sebagainya. Bahkan kita bisa membuat parameter circle sendiri.
  • Tersedia fitur untuk mengedit foto profile, maupun foto album.
  • Terkoneksi langsung dengan Picasa Web Album.
  • Yang cukup mengejutkan Google Plus menyediakan fitur Hangout. Fitur ini memungkinkan kita chating menggunakan webcam. Pada settingnya malah tersedia setelan untuk mic. Jadi tampaknya kita bisa melakukan teleconference. Sayangnya saya belum bisa mencoba fitur ini. Kalau ini benar-benar menjadi fitur standar Google Plus, bisa jadi ini menjadi magnet yang luar biasa, dan mungkin malah bisa menggeser VOIP (telepon internet).
  • Pada setting profile terdapat juga fitur +1’s. Saya belum tau apa artinya +1’s, tetapi di situ semua link situs atau blog milik kita, atau link situs yang kita rekomendasikan akan  muncul semua. Jadi mirip seperti page-nya Facebook.

Itulah sebagian fitur Google Plus yang telah saya pelajari. Tampaknya fitur-fitur yang disediakan Google Plus bakal memanjakan kita dengan banyaknya kelebihan dan kemudahan untuk bermain-main jejaring sosial. Tampaknya pula team Google telah belajar banyak dari kelebihan dan kekurangan Facebook, kemudian meramunya dalam sebuah platform yang lebih unggul.

Berikut ini screenshot Google Plus.

Tampilan interface awal Google Plus.

Anda hanya perlu akun Gmail untuk mendaftar. Kalau beruntung, Anda diterima. Kalau tidak? Carilah teman yang sudah punya akun Google Plus dan mintalah invite.

Inilah layout Home. Mirip dengan Facebook. Untuk melihat lebih jelas silahkan klik kanan, lalu klik View Image.

Setting profile juga menyediakan menu Posts, About, Photos, Videos, dan +1’s. Di sini kita bisa juga mengedit foto album yang telah diupload.

Yang ini menu Circle. Perhatikan bulatan biru tersebut. Itu adalah klasifikasi circle kita. Untuk memodifikasi atau menambahkan anggota, kita hanya perlu drag foto-foto di atasnya lalu seret ke lingkaran tersebut. Kita juga bisa membuat circle sendiri, misalnya circle khusus untuk pacar atau mantan pacar :).

Ingin Hangout? Kita tinggal klik pada menu yang disediakan, dan wajah kita langsung tampil via webcam. Di sebelah bawah adalah setting untuk video, suara, dan mic. Jika fitur ini diaktifkan, maka pada profile kita di halaman Home muncul notifikasi ‘stream available’. Jadi teman yang mau gabung langsung tahu. Sebelum menggunakan fitur ini Google Plus telah memperingatkan: Rapikan rambut Anda dan pastikan mic-nya bekerja!

Anda tertarik dan pingin di-invite? Boleh saja. Tapi, syaratnya Anda harus serius ingin mencoba Google Plus, dan tambahkan saya ke circle teman. Jangan lupa tinggalkan komentar di sini.

Tags: google plus invite google plus mencoba google plus mendaftar google plus tutorial google plus

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Inilah Google Plus yang telah saya coba !"

Lagu Buat Alien
Ahli Fisika Teoritis terkemuka asal Inggris yang
Little Story of Google
Reputasi Google sebagai mesin pencari saat ini
Facebook Messenger bakal saingi YM
Mungkin sudah banyak para pengguna tablet Android
Ada fitur game online gratis di Google Plus !
Ketika hari ini mengakses akun Google Plus,