Gunakan Android untuk mengendalikan komputer Anda

Artikel ini telah dibaca 4938 kali.

Salah satu hobi saya adalah mengeksplorasi utilitas suatu perangkat baru agar lebih berguna untuk fungsi tertentu. Demikian pula ketika punya gadget baru berupa pc tablet android, selama sekian minggu saya mempelajari seluk beluknya, serta berusaha mencari kemungkinan pengembangan fungsi.

Salah satu dari sekian banyak fungsi android gadget baik pc tablet maupun ponsel android, adalah kemampuannya untuk disinkronisasikan dengan perangkat lain terutama laptop atau pc sehingga mampu melakukan fungsi tertentu. Berikut ini tutorial memanfaatkan pc tablet atau ponsel android untuk presentasi dengan mengendalikan komputer dari jarak jauh.

Memanfaatkan Android untuk presentasi

Ternyata ada banyak software yang free maupun berbayar untuk memanfaatkan android sebagai media pengontrol jarak jauh. Dari sekitar lima jenis android free software dengan rating tinggi yang telah saya coba, menurut saya yang paling gampang terapannya adalah PC Remote. Jika mau mencoba, Anda memerlukan dua jenis software PC Remote. Satu diinstal di pc tablet atau ponsel sebagai client, sedangkan satu software lagi diinstal di komputer atau laptop sebagai server.

Program ini bisa dijalankan dengan koneksitas bluetooth maupun wifi. Tetapi menurut pengalaman saya lebih mudah menggunakan bluetooth. Untuk mulai menjalankannya:

  • Aktifkan koneksitas bluetooth pada komputer dan android gadget Anda
  • Jalankan PC Remote server pada komputer. Untuk menjalankan program server ini bahkan Anda tidak perlu menginstal. Cukup dobel klik langsung pada PCRemote.exe. Lihat screenshot berikut.

  • Jalankan PC Remote dari android Anda
  • Setelah muncul menu seperti screenshot berikut ini, silahkan tap (sentuh) pada Discovery Server

  • Setelah server (komputer) terdeteksi via bluetooth lalu lakukan pairing dan gadget Anda telah sepenuhnya mengendalikan komputer.

Lihat screenshot di atas. Jika ingin menggunakan touchpad, Anda tinggal memilih melakukan tap pada menu Touchpad pada gadget. Jika Anda gerakkan ujung jari pada gadget, maka kursor di komputer akan bergerak sesuai gerakan ujung jari. Untuk menjalankan suatu program Anda hanya perlu melakukan double tap pada gadget dan komputer akan menjalankan program tersebut. Demikian pula jika Anda tap pada Right Click, maka akan muncul popup menu di layar komputer seperti ketika Anda melakukan klik kanan pada mouse.

Dengan koneksitas ini Anda bisa melakukan kontrol penuh untuk menjalankan komputer dari jarak jauh. Mulai presentasi dengan Power Point, menjalankan audio video, mengetik, hingga mematikan komputer, bisa Anda lakukan dari jarak jauh.

Bayangkan jika Anda sedang melakukan presentasi di depan audiens dengan membawa sebuah pc tablet, sedangkan laptop berada jauh dari Anda terhubung ke proyektor tanpa seorang pun asisten. Anda mampu mengontrol presentasi sesuai keinginan Anda. Menurut saya ini praktis, efisien, dan impresif đŸ™‚

Anda bisa mengunduh software untuk pc tablet atau ponsel langsung dari android market atau di sini. Sedangkan software untuk komputer bisa didownload di sini.

Semoga bermanfaat.

Banyak yang mencari:

Tags: android mengendalikan komputer dengan android mengontrol komputer dari jauh pc remote pc tablet android ponsel android power point dengan android presentasi dengan android

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Gunakan Android untuk mengendalikan komputer Anda"

Cara backup Windows Live Writer
Selama karier online, Windows Live Writer selalu
Cara backup driver yang sudah terinstal
Cara backup driver yang sudah terinstal Beberapa
Cara membuat installer Windows 8 dengan USB Flashdisk
Saya pernah menulis cara membuat Flashdisk Installer
Gunakan software Indexer agar website gampang terindeks oleh Google
Indexing halaman website kita di mesin pencari