Gimana sih dasar-dasar SEO?

Artikel ini telah dibaca 1575 kali.

Ada pertanyaan menarik dari salah satu visitor Blogger 2012 tentang optimasi yang berkaitan dengan SEO (search engine optimization). Karena jawaban saya lumayan panjang, dan mungkin juga bisa berguna bagi rekan lain yang membutuhkan informasi serupa, maka saya sengaja posting di sini.

Inilah pertanyaannya.

salam kenal mas.
saya sudah 3x kesini dan menurut saya tulisan2 disini bagus (apalagi kalau dibanding dengan punyaku hehehe..)
namun kali ini saya punya pertanyaan,saya banyak lihat tutorial masalah seo tapi tetap saja semua bikin saya bingung.
yang menjadi petanyaan saya,Bagaimana caranya memberi keyword blog yang membahas banyak hal.
contohnya:
artikel pelajaran ada
artikel curhat ada
artikel tutorial ada
artikel tips juga ada dan banyak lagi yang lain.
terus saran mas buat blog yang gituan agar agak seo gimana mas?
terima kasih banyak mas

http://pendidikan-islamiyah.blogspot.com/

Dan inilah jawaban saya.

Terimakasih atas pujian mas.

Tentang pertanyaan mas, pertama saya harus berterusterang bahwa bisa dikatakan semua langkah seo akan percuma jika menggunakan blogspot. Jadi lebih baik gunakan wordpress. Kalau gratisan ya wordpress.com. Lebih bagus lagi kalau langsung beli domain-hosting dan menggunakan TLD (top level domain) seperti .com (dot com) misalnya. Langkah ini namanya menggunakan wordpress self hosted. Kelebihan self hosted adalah, anda bisa memperlakukan apa saja yang anda inginkan terhadap blog anda. Pada wordpress.com perlakuan ini tidak diperbolehkan. Bahkan pada wordpress.com pluginnya pun tidak ada, tetapi masih jauh lebih baik daripada blogspot.

Mengapa harus wordpress? Karena dari sisi optimasi SEO on page, wordpress jelas menang. Ada banyak plugin SEO yang berjumlah ribuan dan gratis. Kita juga bisa mengatur tag sendiri. Tag ini adalah semacam keyword tetapi berlaku untuk setiap artikel/page. Di blogspot/blogger kelebihan seperti ini tidak ada. Itulah sebabnya blogger/blogspot selalu kalah dalam hal SEO dibandingkan wordpress. Ada yang berpendapat bahwa blogspot lebih baik karena blogspot lebih cepat terindek oleh Googel sang pemiliknya sendiri. Namun, kenyataan di lapangan membuktikan sebaliknya.

Itu dari sisi platform blog.

Sekarang bagaimana membuat atau menentukan keyword untuk blog yang content-nya gado-gado? Lagi-lagi saya harus katakan bahwa penentuan tema content kurang tepat. Sebaiknya content suatu blog lebih spesifik. Misalnya kalau membahas mengenai pelajaran Biologi, ya artikelnya yang utama adalah materi pelajaran Biologi atau sesuatu yang berhubungan dengan biologi. Contohnya ini.

Di dunia blogging penentuan tema content blog ini disebut dengan menentukan niche. Mengapa sebaiknya spesifik? Alasannya adalah supaya fokus, mempermudah crawler (search engine) merambah blog kita, memfokuskan penentuan keyword, dan membuat visitor yakin bahwa content blog tersebut memang berisi sesuatu informasi yang dicarinya.

Lebih jauh lagi, niche ini sebenarnya juga merupakan langkah positioning content. Artinya dengan menentukan tema yang spesifik kita bisa meraih perhatian search engine karena content blog kita berbeda dengan content lain. Ini sekaligus menghindari persaingan yang terlalu ketat di jenis content tertentu.

Kalau menurut teori ekonomi terbaru, dengan memiliki niche yang spesifik berarti kita bermain di blue ocean (sedikit saingan). Jika content-nya sudah pasaran berarti kita bermain di red ocean (saingannya banyak). Jika saingan banyak, sedangkan skill dan modal pas-pasan, maka kita harus menerima nasib gak bakalan dilirik oleh Google.

Nah, apa yang saya jelaskan di atas hanyalah secuil garam optimasi di lautan SEO. Boleh dikatakan SEO itu tak terbatas mas. Yakinlah bahwa semakin kita merasa tahu tentang SEO, maka sebenarnya malah banyak yang kita tidak tahu tentangnya. Namun demikian kalau Anda menobatkan diri sebagai seorang blogger, sebaiknya memang wajib mengetahui dasar-dasar SEO. Tidak harus secepatnya atau instant. Ilmu itu akan diperoleh sejalan dengan pengalaman ngeblog. Asal rajin mencari informasi, saya yakin kesaktian Anda bakal meningkat pesat.

Blog ini pun dulu berangkat dari gratisan. Akhirnya, karena seperti alasan yang telah saya jelaskan di atas, saya putuskan untuk masuk ke blog profesional menggunakan TDL. Belum setahun visitornya sudah mencapai 500 – 600 per hari. Memang masih kalah dibandingkan blog saya tentang pelajaran biologi tadi, yang itu visitornya mencapai lebih dari 2000 per hari, padahal umurnya tidak terpaut jauh. Mengapa? Karena blog pelajaran biologi tersebut lebih banyak yang membutuhkan.

Jadi tampaknya Anda harus merenung lagi, kemudian memutuskan ingin mengambil niche apa. Terus tentukan platform blog yang akan digunakan. Lakukan optimasi termasuk penentuan keyword yang tepat dengan bantuan Google adword, lakukan optimasi on page, dan jangan lupa blogwalking untuk silaturahmi sekaligus berkenalan dan menyebar informasi mengenai blog Anda.

Jika masih ada yang ingin didiskusikan, silahkan.

Tags: niche optimasi blog optimasi off page optimasi on page seo wordpress self hosted

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Gimana sih dasar-dasar SEO?"

Cara membuat instaler Windows 7 menggunakan USB flashdisk
Sebuah installer untuk Windows 7 menggunakan flashdisk
Cara efektif mendaftarkan sitemap ke search engine besar
Blogger 2012 - Seperti telah diketahui, search
Mempercepat akses Speedy pada Mozilla Firefox
Kompumedia - Saya suka suntuk kalau Speedy
Mengetik artikel dengan MS Word online
Saya yakin semua PC atau laptop Anda