FREE HOSTING PAKAI BLOGGER : Cara Pasang Domain

Artikel ini telah dibaca 3055 kali.

Pada posting yang lalu di blog ini saya telah jelaskan cara membuat free domain di co.cc. Sekarang saya akan lanjutkan menjelaskan cara membuat hostingnya di Gmail. Kok di Blogger? Iya. Buat pemula itu lebih gampang daripada free hosting pake wordpress.


Perlu kamu ketahui ada dua cara membuat blog pake wordpress. Yang pertama kamu bisa langsung buat blog di Gmail. Kalau pakai cara ini, kamu akan memperoleh subdomain buat alamat blog kamu, misalnya www.blogkamu.wordpress.com. Kelemahan pakai blog ini adalah: kamu gak bisa ngutak-atik plugin di blog kamu. Padahal ragam plugin hebat buat wordpress sangat melimpah.
Cara yang kedua kamu bisa buat wordpress selfhosted. Artinya kamu bisa download aplikasi wordpress di trus kamu install di hosting kamu sendiri, bisa hosting gratis atau berbayar. Dengan cara ini kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau terhadap blog kamu. Syaratnya kamu harus bisa melakukan instalasi wordpress dan plugin-nya menggunakan cPanel atau via FTP. Inilah cara yang banyak dilakukan oleh rekan-rekan yang melakukan bisnis online.
Nah, kalo pake cara kedua ini alamat situs kamu sesuai dengan nama domain yang telah kamu buat sendiri, misalnya www.namakamu.com atau www.namakamu.co.cc. Saya juga buat situs dari free domain co.cc yang saya hostingkan di WordPress.org.
Kembali ke Blogger. Keunggulan hosting pake blogger adalah lebih mudah, sama seperti kalau kamu buat blog di Blogger. Memang dalam banyak hal platform wordpress lebih unggul terutama dari sisi SEO. Namun untuk belajar pemula kali ini mending pake Blogger dulu. Nanti kalo sudah paham dan mau lebih profesional baru pake wordpress selfhosted.
Ok. Sekarang kita langsung ke TKP. Saya asumsikan kamu sudah punya domain yang telah kamu buat dulu di co.cc. Sekarang yang kita akan lakukan adalah menghubungkan domain yang telah kamu buat dengan Blogger. Caranya begini:
– Masuk ke www.co.cc lalu signin
– Cari menu Manage Domain dan klik (lihat tanda panah)



– Kamu akan dibawa masuk ke halaman Manage Domain, selanjutnya pilihlah nama domain yang telah kamu buat. Misalnya pada contoh berikut kamu klik greentourist.co.cc



– Halaman baru tampil, lanjutkan dengan klik setup



– Pada kotak add a record masukkan nama domain kamu tanpa menggunakan http://. Misalnya pada contoh tertulis www.greentourist.co.cc. Ketikkan www.namadomainkamu.co.cc. Untuk yang lain isikan persis seperti contoh dan lanjutkan dengan klik setup



– Jika benar akan tampak seperti gambar berikut. Host: www.namadomainkamu.co.cc, TTL: 1D, Type/Priority:CNAME, dan value: ghs.google.com.



Sampai di sini kamu telah berhasil menghubungkan nama domain kamu dengan Blogger. Langkah selanjutnya kamu masuk ke Blogger untuk membuat blog dengan menggunakan nama domain kamu. Jika belum punya email account Google untuk login ke Blogger, kamu bisa daftar di Gmail.
Ok. Langkahnya begini:
– Masuk ke Blogger dengan account Gmail kamu, dan ikuti saja petunjuknya sama seperti membuat blog biasa. Masuklah ke halaman pengaturan, klik tab publikasi, klik domain ubahsuaian



– Kamu dibawa masuk ke halaman berikutnya, klik beralih ke pengaturan lanjut.



– Pada halaman berikutnya ketikkan www.namadomainkam.co.cc, ketikkan verivikasi kata, dan klik
simpan setelan (lihat tanda panah)



– Pada halaman berikutnya ketikkan lagi www.namadomainkamu.co.cc, jangan lupa beri tanda centang pada kotak di bawahnya untuk mengarahkan ke alamat domain kamu, masukkan verifikasi kata, dan simpan setelan



– Well done! Proses hosting kamu telah selesai, tinggal melakukan setting blog sesuai selera kamu.



Trus apakah blog kamu bisa langsung publish? Coba saja ketikkan alamat domain kamu di Google. Kalau belum muncul atau belum bisa diakses, berarti domain kamu di co.cc masih dormant atau belum aktif. Tunggulah sekitar 2 – 3 hari, kamu bakalan dapat email pemberitahuan kalau domain kamu sudah aktif. Kalau gak ada email ya langsung dicoba aja.
Jangan lupa untuk submit di search engine terutama di Google. Atau kalau mau terdaftar ke banyak search engine sekali klik kamu bisa submit di sini
Selamat! Kamu sudah punya situs profesional dengan hosting di Blogger.

Banyak yang mencari:

Tags: bisnis online cara membuat blog kamu kembali ke pake ragam tkp

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "FREE HOSTING PAKAI BLOGGER : Cara Pasang Domain"

Membuat dan Mendaftarkan Sitemap Blogger
Supaya blog kita bisa cepat terindex oleh
FREE HOSTING PAKAI BLOGGER : Membuat Free Domain Dulu
Kalau Anda adalah pemula yang belajar ngeblog
Sitemap Blogger Yang Lebih Lengkap
Artikel yang saya posting ini masih tentang
Cara memasang Google Plus One button di Blogger
Google telah merilis sebuah fitur alternatif dari