Cara mereset password WordPress dari cPanel

Artikel ini telah dibaca 4873 kali.

Saya lagi suntuk berat. Salah satu blog yang saya bangun untuk sebuah instansi di hack oleh seseorang entah siapa dan darimana. Ini adalah pengalaman pertama saya kena hack. Masih mending kalau content diubah, diacak-acak, atau sekedar menempelkan notasi. Tapi ini konten blognya hancur lebur tak bersisa.

Keanehan pertama yang saya alami adalah tidak bisa membuka dashboard wordpress dengan nama admin dan password saya. Seingat saya tidak pernah mengubah password atau user name. Semua kemungkinan data login saya coba tapi hasilnya nihil, tetap gak bisa masuk. Ketika saya coba mengakses alamat blognya yang tampil cuma layar putih kosong! Whops! Jangan-jangan ada yang salah dengan blog saya.

Karena taku terjadi sesuatu dengan kontennya, saya langsung masuk ke cPanel untuk melihat data user dan passwordnya. Eh, semua data berubah bukan data admin saya! Pantesan saya gak bisa login sama sekali. Terpaksa deh harus reset data dan passwordnya supaya bisa masuk dashboard wordpress.

Nah, mumpung pas kena hack dan saya harus melakukan recovery blog, sekalian saya sharing langkah-langkah yang saya lakukan di sini.

Cara mereset password WordPress dari cPanel

Kalau tiba-tiba Anda tidak bisa login ke dashboard wordpress, bisa jadi user name atau password Anda telah berubah. Tidak usah bingung dulu. Anda bisa mereset user data login melalui cPanel.

  • Langsung saja login ke cPanel, kemudian pada jendela utama cPanel carilah ikon phpMyAdmin yang terdapat pada jendela Databases

php

  • Klik ikon tersebut dan Anda akan dibawa masuk ke jendela baru seperti screenshot di bawah.

phpmyadmin

  • Silahkan klik pada nama database yang terdapat pada jendela kiri atas, dan akan tampil jendela baru seperti di bawah ini

phpmyadmin2

  • Lihat bagian kiri bawah, di sana terdapat wp_users, klik saja, akan tampil jendela berikutnya.

phpmyadmin3

  • Perhatikan screenshot di atas. Jika ada orang usil atau blog Anda kena hack, maka bagian yang diberi tanda panah akan berubah semua berbeda dengan data yang Anda isikan dulu. Untuk meresetnya klik saja gambar ikon pensil di sebelah kiri, akan tampil jendela baru.

phpmyadmin4

  • Isikan data Anda yang baru pada bagian bertanda panah panah. Jika sudah selesai klik Go.

Tunggu sebentar, dan cobalah untuk kembali login ke dashboard wordpress Anda Winking smile

Itu langkah untuk mereset password wordpress dari cPanel. Bagaimana kalau konten blog hancur seperti yang saya alami? Saya akan menuliskannya di artikel berikutnya!

Blogger Labels: cPanel,reset password lewat cPanel,Cara mereset password,cPanel,cPanel

Banyak yang mencari:

Tags: berat blog entah mereset panah password saya tampil tiba untuk usil

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara mereset password WordPress dari cPanel"