Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi File PDF

Artikel ini telah dibaca 2781 kali.

Surfing di internet memang mengasikkan. Kita bisa memperoleh banyak informasi yang kita butuhkan. Agar informasi yang didapat bisa digunakan untuk referensi ulang, kebanyakan para rekan menyimpan halaman web secara langsung dengan meng-klik |Save Page As|. Cara ini tidak praktis dan memiliki kelemahan.
Jika Anda menyimpan sebuah halaman web, maka halaman html akan tersimpan disertai sebuah folder yang memiliki nama sama dengan halaman web tersebut. Folder tadi berisi banyak file yang merupakan content yang harus ditampilkan oleh halaman web yang Anda simpan.
Jika halaman yang dibuka hanya memiliki sedikit pernak-pernik content, mungkin gak masalah. Tapi jika halaman yang Anda simpan memiliki banyak sekali content dan gambar, hal itu akan menyulitkan saat Anda melakukan filing (pengarsipan) karena begitu banyaknya file. Belum lagi lambatnya transfer bila Anda harus memindah atau mengkopi file tersebut ke flashdisk misalnya.
Ada cara yang lebih lebih praktis dan efisien untuk menyimpan dan mengarsipkan halaman web hasil surfing Anda: gunakan Foxit Phantom. Program ini sebenarnya adalah PDF Virtual Printer, yaitu program untuk membuka dan mengubah suatu file menjadi file berjenis PDF (Portable Document File). Selama ini program sejenis yang telah merajai sebelumnya adalah Adobe Acrobat. Tetapi meski tergolong pendatang baru, Foxit Phantom tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuannya menyamai kehebatan Adobe Acrobat.
Dengan menggunakan Foxit Phantom, halaman web yang Anda simpan akan langsung diubah menjadi file PDF sehingga lebih praktis dan mudah mengarsipkannya. Caranya sebagai berikut:
– Saya asumsikan Anda sudah menginstal Foxit Phantom di komputer Anda. Kalau belum punya programnya Anda bisa ambil di sini.
– Instal program tersebut. Mudah kok. Tinggal ikuti saja instruksinya.
– Saat Anda melakukan surfing dengan Firefox misalnya, kemudian ingin menyimpan halaman web tertentu, Anda bisa arahkan mouse ke menu Firefox, klik |File|Print|
– Muncul menu printing. Pilih Foxit Phantom Printer pada kolom name. Anda juga bisa mengatur resolusi yang diinginkan serta ukuran kertas pada |Properties|. Selanjutnya klik |OK| dan tentukan dimana Anda akan menyimpan arsip PDF tersebut, klik |Save|. Selesai.



– Ada cara yang lebih baik untuk memperkecil ukuran file dan jumlah halaman PDF. Caranya, pada menu Firefox klik |File|Print Preview|. Lihatlah halaman berapa halaman yang hendak Anda simpan, kemudian Anda bisa langsung melakukan printing dengan memillih halaman yang Anda kehendaki. File PDF yang Anda simpan hanya berisi informasi yang Anda butuhkan saja. Content lain seperti komentar yang jumlahnya bisa puluhan pada web/blog yang padat pengunjung tidak akan ikut disimpan. Jadi bisa memperkecil ukuran file dan jumlah halaman.


Semoga bermanfaat.
// < ![CDATA[
//

Banyak yang mencari:

Tags: adobe acrobat adspeedy halaman web meng Menjadi nama saya simpan untuk virtual printer

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi File PDF"

Cara menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view
  Jika Anda memiliki blog Wordpress selfhosted
10 langkah teknik onpage SEO yang wajib dilakukan
Search Engine Optimization (SEO) adalah langkah memodifikasi
Cara mengubah login screen pada Windows 7
Blogger 2012 - Kali ini saya pingin
Memecah artikel posting menjadi beberapa halaman dengan GT Tabs
Jika Anda mempunyai artikel posting yang panjang,