Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (2)

Artikel ini telah dibaca 6589 kali.

Artikel ini merupakan lanjutan cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 seri pertama. Jika dulu kita bahas mengenai manfaat cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7, sekarang kita mulai masuk ke masalah teknisnya.

Supaya tidak bingung cara instalasi programnya, sebaiknya ikuti alur yang saya jelaskan ini.

Untuk bisa download dan menginstal program Windows XP Mode ini operating system Windows kita harus asli, atau dibaca asli oleh Microsoft. Nah, Saya menggunakan Windows 7 yang dibaca asli oleh Microsoft. Saat nanti Anda mau download program tersebut dari Microsoft, Anda akan diarahkan untuk mendownload software Genuine Check. Software ini digunakan untuk mengecek apakah Windows Anda asli atau tidak. Silahkan download lalu jalankan. Akan muncul sebuah kode validasi yang harus Anda masukkan untuk bisa mendownload program Windows XP Mode nantinya.

Tapi sebelum langkah tersebut Anda lakukan, baca dulu penjelasan berikut ini.

Pertama, untuk bisa menjalankan Windows XP di dalam Windows 7, prosesor komputer kita harus memenuhi syarat punya fitur Hardware-Assisted Virtualization (HAV). Jika langsung menginstal Windows XP Mode, biasanya ada 3 jenis notifikasi yang muncul sehubungan dengan fitur HAV tersebut. Lihat screenshot di bawah ini.

Jika muncul notifikasi seperti di atas, berarti prosesor komputer support HAV, hanya saja tidak aktif. Solusinya masuk ke setting BIOS, cari menu untuk mengaktifkan fitur HAV tersebut.

Jika muncul notifikasi seperti di atas, sebenarnya prosesor komputer tidak support HAV. Namun demikian masih bisa diatasi dengan menginstal hotfix ini. Silahkan download hotfix tersebut dan installah, maka komputer Anda menjadi support HAV.

Jika muncul notifikasi seperti di atas, berarti prosesor komputer tidak support HAV dan Anda tidak bisa berbuat apa pun. Jadi Anda tidak dapat menjalankan Windows XP di dalam Windows 7.

Untuk mengetahui apakah komputer kita support HAV atau tidak silahkan download menginstal hotfix ini. Lalu jalankan. Setelah Anda menjalankan program tersebut akan muncul notifikiasi seperti screenshot di bawah ini.

Notifikasi ini muncul bila prosesor komputer Anda support HAV. Anda hanya perlu masuk ke setting BIOS lalu mencari dan mengaktifkan fitur HAV tersebut.

Notifikasi ini muncul bila Anda telah melakukan update hotfix seperti yang telah saya jelaskan di atas. Jadi setelah diupdate komputer Anda juga bisa digunakan untuk menjalankan Windows XP di dalam Windows 7.

Oke. Setelah kita melakukan checking apakah prosesor support HAV, sekarang saatnya Anda download Windows XP Mode. Ukuran file ini cukup besar, sekitar 480 MB. Bila Anda sudah masuk ke link Microsoft tersebut dan telah melakukan validasi Windows, di bawah ‘Select your edition of Windows 7 and desired language for installation’ pilih seri Windows 7 Anda, misalnya Ultimate-32 bit, kemudian pilih language English. Terus silahkan pilih step 2 Download Windows XP Mode.

Pada posting berikutnya saya akan jelaskan cara instalasi Windows XP Mode.

Banyak yang mencari:

Tags: cara instal windows xp mode cara instal xp mode virtual pc Windows 7 windows xp windows xp mode xp mode

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (2)"

Cara mempercepat Windows 7 dengan sekali klik !
Lumayan lama tidak posting di Blogger 2012.
Download theme Windows 7 terbaru
Lama tidak posting karena terlibat pekerjaan offline.
Koleksi cursor cantik
Untuk mempermanis tampilan dekstop Windows 7 Anda,
Mempercepat waktu shutdown pada Windows 7
Dulu saya telah sharing cara mempercepat preview