Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (1)

Artikel ini telah dibaca 5374 kali.

Saya bingung tidak bisa membuat judul yang pas untuk posting kali ini. Tetapi sesuai judul posting ini, kita memang bisa menjalankan Windows XP di dalam Windows 7. Maksudnya, jika laptop atau PC kita menggunakan operating system Windows 7 kita bisa langsung menjalankan Windows XP saat kita sedang menggunakan Windows 7. Semoga tidak bingung.

Mungkin Anda ada yang sudah tahu mengenai dual OS. Ya, kalau kita menggunakan teknik dual OS maka dalam satu komputer terinstal 2 operating system. Misalnya Windows XP dengan Linux, atau Windows XP dengan Windows 7, atau Windows 7 dengan Linux. Kekurangan teknik ini adalah kita harus melakukan boot ulang untuk masuk ke operating system yang lain. Jadi kalau kita membuka Windows 7 misalnya, lalu ingin menggunakan Windows XP, maka kita harus melakukan restart, baru memilih Win XP saat booting.

Cara seperti ini tidak praktis, juga belum tentu kompatibel dengan laptop tertentu, karena banyak setting BIOS laptop yang mengharuskan memilih salah satu saja jenis OS yang terinstal.

Ada juga cara lain dengan menginstal virtual PC seperti Virtua Box atau VM Ware misalnya. Sayangnya instalasinya agak ribet dan harus melakukan virtual booting menggunakan DOS.

Nah, yang kita bahas kali ini juga Virtual PC tetapi keluaran dari Microsoft sendiri, namanya Windows XP Mode. Dengan program ini kita bisa langsung menjalankan Windows XP secara langsung saat kita sedang menggunakan Windows 7. Tidak seperti Virtual PC yang lain, Windows XP Mode berjalan lebih cepat layaknya menjalankan software biasa. Dengan demikian kita bisa menjalankan secara langsung dua operating system sekaligus.

Mungkin Anda bertanya: Kan udah pake Windows 7? Apa saya masih perlu Windows XP?

Apakah Anda pernah punya sebuah software yang hanya bisa berjalan bagus pada Windows XP dan tidak bisa dijalankan pada Windows 7? Padahal Anda sangat membutuhkan program tersebut. Cilakanya lagi program tersebut sudah discontinue dan tidak ada updatenya.

Saya beri contoh. Software andalan yang selalu saya gunakan adalah Adobe Pagemaker 6.5. Program ini tidak bisa berjalan lancar di Windows 7. Meskipun saya gunakan yang lebih baru yaitu Adobe Pagemaker 7, tetap saja error. Celakanya Adobe Pagemaker ini mentok sampe Pagemaker 7, tidak ada updatenya, jadi sudah almarhum dan telah dikembangkan menjadi Adobe InDesign. Meskipun saya juga menggunakan Adobe InDesign CS5, tetapi ada fitur pada Pagemaker yang tidak saya dapati pada InDesign.

Nah, solusinya adalah menggunakan Windows XP Mode. Dengan cara ini saya bisa menjalankan kembali semua software saya yang hanya kompatibel dengan Windows XP.

Anda tertarik? Ikuti terus seri posting ini.

Banyak yang mencari:

Tags: dual os virtual pc Windows 7 windows xp windows xp mode

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (1)"

Cara mudah update Windows 8.1 Professional
Jika Anda pengguna Windows 8 dan ingin
20 Theme Windows 7 cantik untuk dekstop Anda
Windows 7 yang dirilis sekitar empat tahun
Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (3)
Ini adalah seri posting terakhir cara menjalankan
Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (2)
Artikel ini merupakan lanjutan cara menjalankan Windows