Home » Cara mengatasi laptop yang panas

Cara mengatasi laptop yang panas

Artikel ini telah dibaca 49699 kali.

Semua komputer dan laptop memiliki sistem pembuangan panas yang dihasilkan oleh prosesor. Pembuangan panas ini sangat penting agar prosesor selalu berjalan dengan normal. Jika sistem pendingin ini tidak bekerja baik, maka panas prosesor bisa mencapai titik kritis (over heating), akibatnya laptop atau komputer akan hang. Bila ini sering terjadi akibatnya akan memperpendek lifetime prosesor. Kali ini saya berbagi tips tentang cara mengatasi laptop yang panas.

Penyebab utama meningkatnya panas laptop adalah kotoran dan debu yang menumpuk pada sistem pendingin. Biasanya kotoran ini menyumbat kisi radiator, sehingga aliran udara panas tidak bisa dibuang dengan lancar. Hasilnya, panas akan menumpuk dalam casing dan suhu prosesor meningkat drastis.

Peningkatan panas pada laptop sebenarnya gampang dideteksi. Pertama tentu saja kalau dipegang body laptop terasa lebih panas setelah sekian waktu digunakan. Kedua Anda bisa rasakan kecepatan kipas yang tidak cenderung turun, dan selalu berputar dengan kecepatan tinggi. Ketiga, semburan kipas dari kisi pembuangan di samping casing laptop terasa lemah. Keempat, mungkin ini yang tidak Anda perhatikan, baterai lebih cepat habis karena banyak tersedot untuk meningkatkan putaran kipas. Jika tiga gejala ini terjadi pada laptop Anda, bisa dipastikan bahwa sistem pendingin laptop Anda harus dibuka karena penumpukan kotoran.

Oke, saya akan tunjukkan cara mengatasi laptop yang panas ini. Bukalah tutup casing bawah laptop. Untuk bagian pendingin biasanya tutupnya yang berukuran paling besar. Setelah terbuka Anda bisa lihat bentuk heatsink-nya seperti gambar di bawah ini. Bentuk heatsink setiap merk laptop bisa saja berbeda, tetapi prinsipnya semua mirip seperti itu.

heatsink_laptop
Bersihkan kotoran yang menyumbat kisi pendingin.

kipas_laptop
Bersihkan juga kipasnya.

Setelah itu lepaskan kipasnya dengan membuka baut dan mencabut kabel power kipas. Biasanya konstruksi kipas dan heatsink terpisah. Artinya kipas bisa dilepas langsung dari heatsink. Jangan melepaskan heatsink yang melekat pada prosesor, karena antara prosesor dan heatsink diberi thermal paste agar panas prosesor tersalur dengan baik ke heatsink. Jika Anda tidak punya thermal paste pengganti, itu akan jadi masalah.

Sekarang lihat kisi pembuangan udara di tepi casing. Biasanya kotoran dan debu menumpuk di sana sehingga menyumbat kisi radiator. Bersihkan bagian tersebut dengan hati-hati. Gunakan sikat gigi bekas yang lembut. Saat membersihkan lebih baik dihadapkan sedemikian rupa pada sebuah kipas angin agar debu dan kotoran langsung tertiup dan tidak akan masuk ke bagian lain dari casing. Jangan lupa bersihkan juga kipasnya.

Setelah semua bersih, pasang kembali semua dengan baik, lalu cobalah nyalakan laptop Anda. Dijamin laptop Anda lebih dingin saat digunakan, dan baterai menjadi lebih awet.

Banyak yang mencari:

97 comments

  1. asih says:

    Gan mao nanya saya punya laptop acer tipe aspire 4739 kalo powernya d tekan lampunya nyala tp beberapa detik mati lg….knp bisa gitu y gan…tlong di jawab cepet ya gan…urgent nih

  2. sinta says:

    Mau tanya bang,, ada cara lain nggak untuk menangani laptop yang sering mati sendiri,selain membongkar laptop, soalnya saya takut membongkarnya,,. Tolong di blas penting.

  3. sigid tejho kencana says:

    mas mau nanya laptop saya kok ngga bisa nyala…
    gejala awalnya si setelah di shoutdown itu kipasnya berputan dan matinya itu lama terus setelah itu tak nyalain lagi kok ngga hidup laptopny itu apanya ya yang rusak

  4. Halasan says:

    Mas Baling2 Pada Kipas pendingin saya sudah Lemah untk Berputar, Dan Casing Pada Labtop Mudah Panas di bagian Bawah casing, Dan di dlm Kipas sdh ada kerak karat, jika spt itu apa harus di ganti apa msh bisa di bersihkan Mas, Jika Di ganti Tidak Memakan Wkt Lama Kan Mas (Bisa di Tunggu) ?. Agar Komputer saya Menjadi Lbh cepat dalam Proses RUNNING, MasalhNYA sering sekali HANG atau Lemot,
    Mohon Masukan-NYA Mas ke Email saya “halasan.halasan@yahoo.com”. Thanks

  5. ajis says:

    maz laptop saya sering mati sendiri,trus pas di nyalain lama bnget loading nya, apa penyebab nya tolng di jelasin makasih?

    • Xdaddy says:

      Itu kurang perawatan di bagian kipas dan pendingin (heat sink) sama kurang perawatan/maintenance windows mas. Coba kalau bersihkan itu laptopnya. Kalau udah nyala coba bersihkan file sampahnya. Bisa pakai Your Uninstaller atau regedit. Matikan juga startup otomatis yang gak perlu.

  6. Syawalludin says:

    Gan tanya dong,laptop ane kipas prosesornya cuma bisa mutar kalo keyboardnya di tekan, tapi kalo keyboardnya di lepas kipasnya kembali mati, gimana tu gan cara mengatasinya. mohon pencerahannya…

    • Xdaddy says:

      Aneh juga ya. Maksudnya ditekan apakah harus menekan salah satu tombol keyboard? Kalau hanya bagian sembarang keyboard, ada kemungkinan soket power kipas koplak gan. kalau bagian keyboard ditekan bisa jadi soketnya nyambung lagi gitu. Soalnya posisinya memang di bawah keyboard. Bongkar aja dan liat. Sekaligus bersihkan

  7. Asma Zahidah says:

    Mau tanya, itu di gambar atas ada besi warna oranye. Itu yang nyambung sama tempat kipas, kemarin saya coba bongkar mau bersihin kipas dan saya copot sama besi oranye itu juga. Setelah itu entah pemasangan ada yang kurang atau gimana, kipas bunyi, hardisk juga dan kabel adaptor kurang lebih sejengkal sebelum colokan yang ke port itu panas. kenapa ya? dan salah ngga kalo nyopot besi yang oranye.

  8. GusRah says:

    Thanks.
    Setelah membongkar laptopnya (modal DEKAT), akhirnya berhasil juga pasang kembali dg performa yang lebih YAHUUUUT…..

  9. Teguh hadi says:

    mas laptop saya acer aspire 4736
    waktu baru dinyalakan kipas mau muter,
    dilihat pake software speedfan suhu hardisk puanas, trus di taks manager cpu juga over kerja padahal baru buka beberapa program apalagi kalau lama dijalanin lama2 kaya lemot,
    dah tau laptop panas tapi kipas jalannya nyantai aja malah kadang gak mau muter,jd tambah panas aja.hehhe
    apa kipas rusak? apa komponen matheboard yang rusak mas?
    apa hardisk yang rusak?
    tolong mas ke email saya

  10. danang says:

    saya punya netbook axioo baru beli semingguan tapi koq dipakai 1 jam baterai dah habis…. kenapa yaaa..

  11. mnh says:

    mau tanya ni, laptop saya dah dibersihin tapi masih sering mati pas jalankan game… Tapi,klo browsing or muter vidio lancar aj,ya walaupun kadang2 mati.. Saya bingung kenapa heatsink saya dingin, apa ada cara buat heatsink menerima konduktor panas dengan baik??? Tq, Di tunggu balasannya…

  12. jose aprillio says:

    mengapa laptop sy lenovo core i7…sejak dari pertama kali dipakai sampe sekarang kok defragmenterx warna merah gak hilang2…kadang2 laptop lg mati….maksih

    • Bithdaddy says:

      Waduh, informasinya terbatas banget ya? Kalau waktu defrag ada blok warna tertentu yang gak bisa hilang atau dipindah, itu tandanya ada file yang sifatnya memang unmovable (gak bisa dipindah). Tapi kalau semua blok warnyanya merah gak hilang2 atau gak bisa diatur, ada kemungkinan trouble pada hardisk. Coba diformat ulang lalu diinstal ulang windowsnya. Jangan lupa backup datanya dulu.

  13. muhammad says:

    pak,kok saya mau main game plants vs zombies, gambar popcap incnya belum muncul,lingkaran loadingnya juga macet ( gak muter muter lagi ),eh setelah itu ada bacaan panjang banget, layar belakang jadi warna biru, setelah itu mati sendiri laptop saya, padahal belum sempet main gamenya, gambarnya juga belum muncul muncul,hitam terus, gak ada gambar apa apa.laptop saya acer aspire one d270,besar layarnya 10.1 inci, prosesornya intel atom inside, laptopnya pake windows 7 ultimate, tolong dong pak, plis, kasih solusinya dong!

  14. joelasmy says:

    thankyu gan atas info bersihin debu laptop nya….laptop saya baru 3 bulan pake.tp panas nya dan bunyi kipas yang berisik bikn saya cemas…garansi nya masih lama…tapi setelah saya search di google..dan saya lihat blog yg ini..saya beranikan diri buat bongkar laptop.walaupun segel garansi nya rusak..hahahaa…setelah sya ikuti,laptop saya kembali normal..tq gan…ada pertanyaan lagi ne gan…kira2 kipas angin tambhan yang bagus buat laptop bisa di berikan contohnya gak gan?

    • Bithdaddy says:

      Maksudnya kipas tambahan yang ditaruh di bawah laptop itu masbro? Boleh saja pake itu. Cuma saja kalo baterai menjadi lebih cepet habis. Yang kedua usahakan semprotan kipas mengarah ke dasar casing dan bukannya menarik udara keluar dari dasar casing.

      • agung says:

        lah,.memang kalo arah kipasnya menyedot angin dari ventilasi laptop knpa mas??bukannya logikanya sama kaya komputer ya…dipasangin kipas untuk mengeluarkan udara panas dari ventilasi laptop??supaya membantu proses pendinginan..

        balas komentar ya mas..hhehehe..

  15. jhon says:

    hallo omm

    waduh..harus bongkar segel dum om..
    apalagi mesti ada yang di lepas atau di copot.

    ngeri ah..kali pas masang malah bramtakan.

    tq

  16. Pradika says:

    mas… saya baru beli laptop baru acer aspire V3 471G, baru dipake 4 hari kok skarang udah cepet panas (sedang), Ini memang bawaan apa gimana ?

    • Bithdaddy says:

      Tampaknya gak ada hubungan antara pemakaian berapa hari sama panasnya masbro. Kalo panasnya sedang aja gak pa pa. Emang bawaannya. Yang penting bisa dirasain di ventilator pembuangan panasnya ada hembusan angin panas/anget. Itu berarti pembuangan panasnya lancar.

          • Bithdaddy says:

            O, jadi itu kipasnya yang soak masbro. Karena mau koit, suaranya berisik dan kinerjanya turun. Akibatnya panas meningkat dan baterai cepat soak. Solusinya: ganti kipas!

  17. arik says:

    saya punya laptop axioo pico pjm m1110… susah hidup dan harus pake chargernya tp pas dilepas chargernya dya akan mati lagi.. apa penyebabnya???
    terimakasih

    • Bithdaddy says:

      Itu baterainya udah koit masbro. Sama sekali gak bisa nyimpan daya. Beliin aja yang baru harganya sekitar 300-400 rb an. Susah hidupnya soalnya arus dari charger kesedot baterai yang udah koit tadi. Coba beli baru dijamin jreng!

  18. eka saputra says:

    GAN laptop saya kenapa ya klo buat main GAME ONLINE ko over heat emang sih panas banget padahal core i3 ram nya 2 gb ko msh over heat ya gan
    mohon solusinya GAN
    makasih gan!!!

  19. n66ee says:

    saya sudah berkali2 sudah bongkar pasang tapi tetep ajah masih overheat trus panasnya minta ampun n ngos2an gtuh……gmn solusi lainnya..???

  20. barajablog says:

    2 hari yang lalu laptop saya mendadak mati, karena telah terlalu panas.. Memang 3 bulan terakhir ini selalu cepat panas dan bunyi kipasnya sangat berisik..

    saya pake vaio VPCEA35FG, kira2 susah ga’ mas membukanya saat akan membersihkan kipas? Maklum mas, belum pernah bongkar2 laptop..

    terima kasih..

    • Bithdaddy says:

      rata2 cara membuka laptop dari keyboardnya dulu mas. ada yang pake nock ada yang harus buka sebagian panel casing tepat di atas keyboard.
      untuk yang pake nock (kunci jepit kecil) lihat di sela2 tombol keyboard sebelah atas (F1 s/d F12). itu bisa dicungkil dengan obeng kecil atau ujung pisau. hati2 melakukannya, jangan sampai body keyboard rusak. kalau keyboard sudah lepas, hati2 nariknya pelan2 soalnya di sebelah bawah ada kabel flexibel yang menghubungkan keyboard dengan mainboard.
      kalau tidak ada nock berarti harus buka sebagian panel sebelah atas keyboard. coba cari posisi baut pada bagian bawah casing yang berhubungan dengan panel tersebut. kalau bautnya sudah ketemu, buka, lalu masih perlu mencungkil panel casingnya dengan ujung pisau. hati2 melakukannya agar casing tidak rusak.
      kalau keyboard/panel sudah terbuka, maka baut2 lain bisa dibuka dengan gampang.
      kalau tidak mau beresiko, minta tolong saja sama teman yang berpengalaman atau masukkan ke service. cuma ya itu, biayanya jauh lebih mahal. sekedar informasi harga kipas berkisar 25 rb – 75 rb. kalau minta tolong ke service bisa kena 200 rb 🙁

      • barajablog says:

        Saya pernah lihat video cara membersihkan kipas pada laptop Lenovo, ternyata pada brand itu bisa dibuka hanya bagian kipasnya aja (dibelakang), enak bgt tuch 😀 ..

        He he, lumayan mahal ya mas :D..
        Ok mas, terima kasih atas infonya, sukses selalu untuk ” Blogger 2012″..

  21. Hadi Suink Jabo says:

    Wah.. Pas banget nih.. laptop saya mati mlulu kalo lagi internetan.. body panas.. suara nguing kenceng.. tapi kalo saya bongkar, rusak gak ya… soalnya saya belum paham banget nih, soal ngebenerin laptop .. bisa nya cuma ngebongkar doang.. kalo ngebenerin nya, gak becus.. minta tolong dong, gambar nya di susun satu-satu cara bongkar nya dan kasih liat cara bersihin nya.. (sory.. saya emang orang nya ngeribetin, hehe..)

    • Bithdaddy says:

      agak bingung saya gan. sepengetahuan saya yang menyebabkan panas malah si prosesornya, bukannya si prosesor yang menahan panas. Untuk yang amd terus terang saya gak pernah pake. kalau intel yang terkenal panas yang pentium IV, konon karena maksa meningkatkan asupan tegangannya, sementara core-nya cuma satu. terus diakali pake teknik hyper threading jadi seakan-akan punya dua core.
      saat berlanjut ke dualcore, core 2 duo, i3, i5, i7, ada penambahan jumlah core sehingga asupan tegangan bisa diturunkan. jadi seri di atas pentium IV lebih ‘dingin’
      untuk amd saya gak punya visi karena gak pernah pake. ini pendapat stereotype aja. soalnya dulu ada teman yang pake, eh, bisa-bisanya crash kalo diinstal Photoshop.
      memang lebih murah amd. tapi saya pribadi lebih suka intel.

    • Bithdaddy says:

      Jika laptop digunakan untuk program berat atau main game menjadi panas, itu wajar gan. Tapi jika digunakan untuk program standar/ringan dan selalu panas, ada kemungkinan ventilasi heatsink (keping pendingin) kotor sehingga panas tidak bisa terkonduksi sempurna oleh tiupan kipas. Silahkan dibersihkan.

  22. mulki says:

    laptop sy apple (macbook unibody), yg mau sy tanyakan gimana cara ngelepas heatsink’y…? trims

    • Bithdaddy says:

      Maksudnya heatsink yang melekat pada processor gan? Umumnya kan ada knock atau bautnya gan. Coba perhatikan lagi. Kalau maksudnya mau buka body buat ngelepas heatsink, umumnya laptop mbukanya dari keyboard. Di sana ada sekitar 4-5 knock yang bisa dicungkil, terus dilepas, dah keliatan baut2 bodynya. Saran saya kalau gak perlu gak usah ngelepas heatsink gan. Itu nempel langsung ke processor. Kalau mau ngembaliin agan perlu thermal paste. Kalau gak dikasih thermal paste bisa overheating.

  23. Jefry says:

    Sebelumnya laptop saya juga sering panas dan untuk menanganinya saya biasanya menggunakan service orang yang lebih handal
    terima kasih tips2nya nanti akan saya coba sendiri
    sukses selalu untuk anda..

  24. radit says:

    mas bisa kasi foto2 n cara bongkar notebook Hp mini dong…. saya pusing mau bukanya tapi gak ada bautnya… mohon bantuannya trims

    • Bithdaddy says:

      Mas Radit bisa membukanya dari panel keyboard. Pada tepi papan keyboard biasanya ada nock (semacam kunci) yang bisa dicungkil. Kalau itu sudah dicungkil, silahkan lepas dulu keyboardnya. Hati2 di bawah keyboard ada kabel flexible-nya. Nah kalau udah copot baru keliatan baut2nya di sana. Semoga membantu.

  25. rizal says:

    saya mau bertanya tentang Notebook Axioo Pico pjm..
    saat notebook tidak dalam keadaan di-charge setelah pemakaian 15 menit notebook mati sendiri (energi baterai masih 70%)..
    tapi saat dalam keadaan di-charge tidak terjadi masalah apa2 (tidak mati tiba-tiba)..
    Bagaimana menurut anda? Apakah baterai saya yang drop atau ada masalah lain?..
    Terima kasih sebelumnya..

    • Bithdaddy says:

      Coba cek di control panel, lalu masuk ke Power management gan. Biasanya ada setting di sana. Misalnya kalau pas pake baterai di set 15 menit mati, dsb. Termasuk juga setting untuk tidak mati jika di charge. Silahkan atur sendiri. 🙂

  26. hendramusa says:

    Saya punya laptop ACER 4740..udah setahun lebih saya pake..nah gini mas kalo laptopnya saya pake maen game ringan aja seperti angry birds,plant vs zombie dll..sekitar 15 menit langsung mati..pas mau di hidupin mesti tunggu sekitar 5 menit lagi..soalnya kalo lgsg dihidupin malah akan mati lagi..saya bawa ke t4 servis katanya VGAnya yg mungkin error..solusinya gmn mas?apakah kalo sy ganti RAM maka errornya akan hilang?soalnya VGAnya kan intelgraphic yg menggunakan sebagaian RAm sebagai VGA..Mohon pencerahannya..terima kasih..

    • Bithdaddy says:

      Lah memory segitu dipake main game. Kalau bisa nambah memory. Kalau memungkinkan bisa pasang VGA, soalnya kalau bawaan laptop ada yang socket VGA-nya kosong. Kalau gak bisa pasang VGA ya mending nambah memory. Tapi, saya menurut pengalaman saya kalau buat kerja berat terus mati, tu seringnya over heating processornya gan. Jadi saran saya, pertama bersihkan dulu masalah pendinginannya, mulai heatsink dan kipas. Apalagi laptop agan udah berumur sekitar setahunan. Itu sudah perlu pembersihan. Kalau udah dibersihkan dan lancar, ya gak perlu nambah apa apa lagi 🙂

  27. Onciy Vamfire says:

    huhuhuhuh gmna ya cara bongkar noteboo??? aku dah cri kliling… tp gak jmpa2… tlong bntu donk…

  28. Miwa Meydita says:

    aduh kipas yg ada didlm laptop kayanya mati deh….bagaimn yah cr memperbaikinya….. ada yg pny solusinya gak?…….

  29. Athallah says:

    Mas sy py masalah yg sama, Laptop Acer 4720Z sering mati jika menjalankan aplikasi berat, seperti game dan sejenisnya, namun jika tdk ada aktifitas berat, laptop g ada masalah alias normal2 aja tidak padam walaupun 24 jam non stop, batre laptop sy copot, lgsg ke UPS. Sy da coba bongkar, tp g ada kipasnya, yg ada pipa kecil warna kuningan aja, selama pake juga g ada blue screen ato apa, hy padam jika ada aktivitas berat, sehingga suara bising dari bawah laptop makin kuat dan akhirnya padam. Mohon bantuannya bagaimana mengatasinya ato kira2 kerusakannya dimana ? Terima kasih banyak sebelumnya mas

    • Bithdaddy says:

      Halo gan! Maaf baru bisa balas. Repot urusan offline nih !
      Yang saya tau itu laptop sampean speknya Intel Pentium dual-core processor T2390, kalau gak salah keluaran 2008 ya. Ciri khas laptop (bukan cuma Acer) kalau dipake untuk aplikasi berat jelas akan menaikkan beban kerja prosesor. Ini berakibat suhu prosesor naik, dan otomatis akan meningkatkan putaran kipas untuk membuang kelebihan panas. Kalau kerja kipas gak mampu, dalam ambang suhu tertentu prosesor telah diset untuk berhenti alias hang. Ini berguna untuk melindungi prosesor dari kerusakan karena overheat.
      Kecuali cacat produk, logikanya panas prosesor ini mampu dikeluarkan dengan baik oleh sistem pendingin. Jika kasusnya seperti punya sampean, kemungkinan poin berikut ini bisa diperhatikan:
      1. Panas tidak bisa dibuang lancar karena kisi pendingin untuk pembuangan angin (exhaust) tersumbat kotoran. SIlahkan dibongkar dan dibersihkan. Jika sampean tidak bisa menemukan posisi kipas, hanya tampak konduktor panas berupa pipa kuningan, itu berarti kipas posisinya di sebelah atas di bawah keyboard. Pada banyak jenis laptop yang saya servis, memang membuka jeroannya dari atas. Kalau Byon seperti punya saya memang lebih praktis karena berada di casing sebelah bawah. Coba cari klip (nock) yang mengunci casing di sekitar keyboard.
      2. Sekalian pipa konduktor panas dilepas saja untuk mengganti thermal paste (pasta pendingin). Hati2 kalau ngelepas, soalnya itu nempel langsung ke permukaan prosesor via beberapa baut. Kalau sudah lepas silahkan dibersihkan thermal paste lama (biasanya jadi keras) sebersih mungkin baik pada pipa maupun permukaan prosesor. Kemudian oleskan thermal paste yang baru secukupnya secara merata, lalu pasang lagi. Pastikan permukaan keping pendingin menempel dengan baik dengan permukaan prosesor.
      3. Saya tidak tahu spesifikasi detil dari laptop sampean, apakah menggunakan VGA terpisah ataukah sharing (onboard), lalu berapa besar RAMnya. Jika vga sharing dan ram terbatas, sekitar 512 – 1 G, mending ditambah jika memungkinkan. Kalau ada 2 slot ram, ya tinggal belikan ram satu lagi 1 atau 2G dengan spesifikasi clock yang sama (biasanya tanda kecepatan clock-nya PC xxxx). Kalau slot ram cuma satu ya terpaksa yang lama dicopot diganti yang baru dengan spek lebih besar. Usahakan clocknya sama dengan yang lama, hanya kapasitasnya saja yang diperbesar.
      Mengapa harus menambah memori (RAM). Konon jika ram mencukupi, atau lebih bagus lagi VGA terpisah, ini bisa mengurangi kerja prosesor dan hardisk. Itulah sebabnya komputer untuk game mesti menggunakan VGA yang terpisah dari RAM. Terus terang saya kasihan laptop sampean jika dipake nge-game.
      Semoga membantu ya!

      • Athallah says:

        Mantap mas, setelah berhasil dibongkar dengan bantuan teman, dan dibersihkan segala debu yg menempel + ganti paste pake odol gigi, akhirnya laptop sy berhasil normal kembali (tdk berisik lg suara fan nya). Terima kasih banyak atas saran dan bantuannya. Semoga makin sukses

        • Bithdaddy says:

          Sip mas Athallah! Gitu donk berani mencoba! Cuma sayangnya kok pake odol buat pengganti thermal paste-nya ya? Itu sebenarnya konduktivitasnya kurang bagus. Jangan terjebak karena bentuknya mirip thermal paste. Suatu saat Anda pasti menggantinya. Tapi gak masalah. Kan udah pengalaman bongkar laptop 🙂

  30. lukman says:

    bang aku punya lapy acer 4720z saat instal ulang xp pada menit 35 selalu restart terus kadang nge hank.. solusinya gmn nech.. puyeng aku udah aku coba bersihkan n kasih pasta di prosesorna ,masih tetep aja ga da perubahan.. tolong donk.

    • Bithdaddy says:

      Ada banyak kemungkinan gan. Kalau sudah dikasih thermal paste dan heatsinknya bersih, coba cek RAM dulu. Copot itu RAM lalu gosok kakinya pake penghapus sampek bersih, lalu coba lagi. Kalau agan pake 2 RAM yang clock-nya beda, coba dicopot dulu salah satu. Tinggalkan satu RAM yang kapasitasnya lebih gede. Lalu coba lagi.
      Kalau tetep gak bisa kemungkinan besar itu masalah AHCI (Advanced Host Controller Interface) yang berhubungan dengan penggunaan hardisk dari jenis PATA atau SATA. Coba agan ingat, dulu pertama lappy-nya jalan bagus pake OS apa. Kalau bawaannya pake Vista atau 7 terus gak mau diinstal XP seringnya memang masalah AHCI. Cuma saja seringnya muncul BSOD (blue screen of death), tapi bisa juga error setelah instalasi jalan.
      Ada dua solusinya kalau masalah AHCI ini. Pertama masuk ke BIOS, coba cari menu untuk instalasi OS. Biasanya BIOS yang bagus sudah disertai menu itu, mau pilih instal OS Vista atau XP.
      Kalau menu itu gak ada (biasanya bawaan lappy murah seperti Byon punya saya), terpaksa agan harus secara manual mengubah AHCI nya supaya bisa diinstal XP.
      Dulu terpikir mau nulis tutorial masalah ini tapi kelupaaan he he he. Coba agan cari tutorialnya pake bantuan Uncle Goog. Kalau ketemu nanti agan bisa download program AHCI terus siapkan disket kecil itu, bisa juga pake Flasdisk. Ikuti petunjukknya dan jalankan. Ini programnya jalan under DOS. Jadi agan nanti booting pake flashdisk terus tinggal jalankan AHCI nya.
      Kemungkinan terakhir, bisa jadi installer agan corrupt, atau hardisknya bad sector.
      Banyak ya kemungkinannya? hi hi hi .. Tapi itulah seninya. Selamat berjuang!

Comments are closed.