Cara menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view

Artikel ini telah dibaca 979 kali.

 

Jika Anda memiliki blog WordPress selfhosted atau jenis blog lain, ada baiknya membaca tips cara menekan bounce rate untuk meningkatkan page view ini. Bounce rate adalah prosentase pengunjung yang masuk ke blog kita tapi langsung pergi menutup blog tanpa pamit atau melihat-lihat isi blog kita lebih dulu. Jika pengunjung melanjutkan membuka konten atau artikel kita yang lain itu berarti prosentasi bounce rate rendah dan itu bagus.

Bonce rate mencapai 100% bila pengunjung masuk ke landing page blog kita, melihat-lihat selama beberapa detik, kemudian pergi. Jika sebagian pengunjung pergi dan sebagian lain melanjutkan browsing blog kita maka bounce rate mencapai sekitar 50%. Intinya semakin kecil prosentase bounce rate maka makin bagus page view blog kita. Sebaliknya jika bounce rate tinggi, maka page view blog kita rendah karena tidak menarik pengunjung untuk browsing lebih jauh mengenai konten blog kita.

5 Cara menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view

Untuk melihat prosentase bounce rate sebaiknya kita menggunakan google Analytics untuk hasil yang detil. Menginstal Google Analytics sebenarnya merupakan sesuatu yang wajib bagi seorang blogger, karena dengan begitu kita bisa memperoleh data untuk meningkatkan SEO blog. Jika tidak masuk ke akun Google Analytics kita tetap bisa melihat dari dashboard WordPress. Silahkan masuk dashboard dan lihatlah pada statistik bagian bawah, temukan disana prosentase bounce rate.

Untuk melihat bounce rate menggunakan Google Analytics:

  1. Silahkan login ke Google Analytics
  2. Setelah berada di dashboard tekan link visitors pada sidebar kiri
  3. Pilihlah visitor trending di bagian menu
  4. Pada sub menu pilihlah bounce rate.

tutorial blogging

Sekarang Anda bisa melihat prosentase bounce rate blog Anda. Pada bagian ini kita bisa juga melihat bounce rate untuk setiap posting.

Berikut ini beberapa cara untuk menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view:

  1. Perbanyak internal link daripada outgoing link. Internal link adalah link yang masuk ke blog kita, sedangkan outgoing link  adalalah link yang keluar menuju blog lain. Lebih bagus lagi bila artikel memiliki banyak interlink ke artikel atau halaman lain dalam blog kita.
  2. Pastikan konten artikel sesuai dengan tema blog (niche). Pengunjung akan langsung meninggalkan blog kita jika apa yang mereka cari tidak ditemukan. Jika tidak menemukan sesuatu, mengapa mereka masuk? Bisa jadi karena keyword yang Anda bidik tidak sesuai dengan kontent blog. Banyak para blogger yang ‘menipu’ pengunjung agar masuk ke blog mereka hanya untuk meningkatkan jumlah visitor. Suatu blog dikatakan berkualitas jika pengunjung menemukan apa yang mereka cari dan betah berlama-lama membuka isi blog. Jadi, ngeblog adalah memberikan apa yang pengunjung butuhkan. Ini juga merupakan bentuk customer service.
  3. Aturlah navigasi blog. Tatalah layout blog sedemikian rupa sehingga pengunjung gampang menavigasi dan melihat isi blog kita. Dengan demikian mereka akan terangsang untuk menjelajah blog kita.
  4. Isilah blog dengan kontent yang berkualitas. Lebih bagus lagi jika bisa membuat artikel pilar. Artikel pilar adalah artikel yang mengandung informasi yang tidak lekang oleh waktu. Informasi yang dimiliki suatu artikel seperti ini akan terus dibutuhkan. Misalnya artikel tentang tutorial blogging, tips dan trik windows, atau tutorial blogging. Ini lebih bagus daripada artikel yang menuai banyak pengunjung namun hanya sesaat, seperti berita dan isu mengenai selebritis misalnya.
  5. Berikan sesuatu yang gratis kepada pengunjung. Bisa berupa ebook, kumpulan tips atau trik, atau bentuk giveaway lain yang menarik. Sering dengan cara ini mereka betah berlama-lama di blog kita, dan sekaligus kita bisa manfaatkan untuk menjaring list.

Itulah beberapa cara menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view. Ada yang mau menambahkan?

Tags: apa itu bounce rate bounce rate cara menekan bounce rate page view

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara menekan Bounce Rate untuk meningkatkan page view"

Cara backup Windows Live Writer
Selama karier online, Windows Live Writer selalu
Cara backup driver yang sudah terinstal
Cara backup driver yang sudah terinstal Beberapa
Cara membuat installer Windows 8 dengan USB Flashdisk
Saya pernah menulis cara membuat Flashdisk Installer
Gunakan software Indexer agar website gampang terindeks oleh Google
Indexing halaman website kita di mesin pencari