Cara membuat dan menggunakan circle di Google Plus

Artikel ini telah dibaca 5497 kali.

Salah satu inovasi Google+ yang memberinya nilai lebih adalah fitur circle. Circle adalah fitur untuk mengelompokkan contact kita menjadi beberapa kriteria. Anda bisa menggunakan circle default atau membuat circle sendiri.

Misalnya saja Anda membuat circle teman, tetangga, kerabat, kenalan, mantan pacar, atau khusus pacar. Keuntungannya adalah, apa yang kita sharingkan tertarget untuk circle yang bersangkutan. Jadi contact kita di circle lain tidak bisa melihat. Privasi jadi lebih terjaga dan lebih mudah mengorganisir contact kita.

Kelebihan lainnya, contact yang kita masukkan dalam suatu circle tetap bisa kita masukkan ke circle yang lain. Jadi seorang teman karib dapat dimasukkan dalam circle teman dan kerabat misalnya.

Sekarang bagaimana cara kita sharing dengan para teman di Google+? Gampang. Pada halaman Stream (Home), tuliskan apa yang mau di-share, kemudian lihat di bagian bawah jendela edit, klik saja +Add more people, lalu pilih circle mana yang mau di-share. Misalnya Anda sharing dengan circle teman, maka yang menerima notifikasi sharing dan bisa membaca hanyalah contact kita di circle teman. Circle yang lain tidak bisa mengaksesnya, kecuali kita tambahkan lagi circle yang di-share.

Untuk membuat circle sendiri caranya simple banget.

  • Klik pada Circle tab.
  • Lihat di sebelah kiri bawah pada daftar circle. Di sana ada menu ini

  • Arahkan mouse ke atasnya, menu tersebut berubah begini

  • Langsung saja klik menu tersebut dan muncul jendela pop up seperti di bawah ini

  • Isikan nama circle, lalu tambahkan contact yang kita pilih. Kalau mau membuat circle kosong ya cukup isikan namanya saja. Belakangan kita bisa menambahkan contact ke circle tersebut.

Nah, sekarang cara menambahkan contact atau teman kita ke circle gimana? Lagi-lagi caranya gampang. Anda hanya perlu nge-drag foto teman, lalu seret ke circle yang dimaksud. Lihat gambar di bawah. Itu teman saya yang baru: Mark Zuckerberg sang Bos Facebook!

Tags: cara memasukkan teman ke circle cara membuat circle cara menambah circle circle circle google plus google google plus

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara membuat dan menggunakan circle di Google Plus"

Ada fitur game online gratis di Google Plus !
Ketika hari ini mengakses akun Google Plus,
Inilah Google Plus yang telah saya coba !
Mungkin Anda telah mendengar bahwa Google bakal