Home » Cara membobol password BIOS komputer

Cara membobol password BIOS komputer

Artikel ini telah dibaca 66835 kali.

BIOS password digunakan untuk memberi keamanan ekstra pada komputer atau laptop. Jika password pada BIOS komputer atau laptop diaktifkan, maka setting BIOS akan aman terlindung dari akses pihak yang usil. Selain itu langkah ini bisa juga untuk melindungi penggunaan komputer / laptop oleh pihak yang tidak berwenang, karena password selalu diminta saat booting.

Sayangnya bisa timbul masalah kalau kita lupa passwordnya. Kita tidak bisa masuk ke setting BIOS, juga tidak bisa menggunakan komputer. Jika Anda menemui masalah tersebut, cara membobol password BIOS komputer di bawah ini bisa dicoba.

PERHATIAN! CARA YANG SAYA BERIKAN INI SEBAIKNYA HANYA DIGUNAKAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI, DAN TIDAK DISALAHGUNAKAN UNTUK MEMBOBOL PASSWORD KOMPUTER/LAPTOP ORANG LAIN. SAYA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB TERHADAP KERUSAKAN HARDWARE/SOFTWARE YANG MUNGKIN TIMBUL ATAS LANGKAH INI.

Cara membobol password BIOS komputer

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membobol password BIOS komputer agar reset kembali ke setting defaultnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Melepas baterai CMOS
  2. Dengan cara men-jumping motherboard
  3. Menggunakan MS DOS command
  4. Menggunakan software tertentu
  5. Menggunakan Backdoor BIOS password

Oke, sekarang saya akan jelaskan satu persatu.

1. Lepaskan baterai CMOS

Semua motherboard memiliki sebuah baterai kecil seukuran koin yang disebut CMOS battery. Fungsi baterai ini adalah memberi arus listrik pada chip CMOS agar bisa digunakan untuk menyimpan semua setting BIOS.

Untuk mereset password, lepaskan baterai tersebut dari motherboard, kemudian tunggulah sekitar 15 – 30 menit, lantas pasang kembali baterai tersebut. Langkah ini akah mereset semua setting BIOS ke nilai default termasuk menonaktifkan passwordnya. Jangan lupa untuk kembali melakukan setting manual terhadap parameter BIOS jika diperlukan.

2. Dengan melakukan jumping motherboard

Hampir semua motherboard memiliki jumper untuk mereset setting yang tersimpan di CMOS termasuk password BIOS. Letak jumper ini bervariasi, tetapi biasanya terletak dekat baterai CMOS. Lebih baik Anda lihat manual motherboard.

Untuk menemukannya lihatlah jumper yang terletak dekat baterai CMOS. Jumper ini memiliki 3 pin, dan biasanya tertera label di sampingnya bertuliskan CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacam itu. Saat Anda menemukannya, dua pin pertama akan dihubungkan oleh konektor berupa kotak kecil (soket jumper). Itu adalah pin 1 dan 2, sedangkan pin 3 bebas. Nah, silahkan cabut soket jumper tersebut kemudian pindahkan ke pin 2 dan 3. Jadi pin 2 dan 3 terhubung, sedangkan pin 1 bebas. Tunggulah beberapa detik, kemudian kembalikan lagi soket jumper tersebut ke posisi asalnya (pin 1 dan 2). Langkah ini akan mereset setting CMOS dan password BIOS.

Perhatian! Lakukan langkah ini dalam kondisi komputer mati dan kabel power dicabut. Jangan lupa menempatkan posisi soket jumper ke posisi semula (tancapkan pada pin 1 dan 2) sebelum menyalakan komputer. Kelalaian akan hal ini akan menyebabkan rusaknya chip BIOS dan komputer Anda akan mati total!

3. Menggunakan MS DOS command

Cara ini hanya bekerja jika komputer bisa booting dan masuk ke sistem, jadi hanya password BIOS yang terproteksi. Jika boot komputer yang terproteksi, maka cara ini tidak bisa digunakan. Langkah ini menggunakan disket/CD/USB yang berisi program MS DOS. Silahkan jalankan MS DOS, kemudian bukalah command prompt dan ketikan perintah ini satu per satu:

debug
o 70 2E
o 71 FF
quit

Catatan: karakter o adalah huruf “o” dan bukan nomor “0” (nol).

Setelah mengetikkan command di atas restar komputer. Setting CMOS dan password BIOS telah direset ke default.

Command yang ditulis di atas sebenarnya langkah dari program debug MS DOS:

– command “o” memberikan nilai tertentu ke port IO (input output)

– angka 70 dan 71 adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses memory CMOS

– perintah FF memberitahukan CMOS bahwa ada invalid checksum dan otomatis akan dilakukan reset terhadap setting CMOS termasuk password BIOS

4. Menggunakan software

Jika tidak ingin repot melakukan langkah di atas, Anda bisa melakukan reset CMOS dan password BIOS menggunakan software berikut ini dengan beberapa klik. Silahkan download yang ini: CmosPwd atau yang ini KillCMOS.

5. Banyak produsen BIOS yang menyertakan password BIOS di dalam chipnya. Master password ini sebenarnya digunakan untuk keperluan testing atau troubleshooting. Cobalah memasukkan password default pabrikannya dari daftar di bawah ini. Saya tidak tahu apakah ada perubahan mengenai master password BIOS ini, tetapi tidak ada salahnya dicoba. (eh, banyak teknisi yang malah gak tau tentang ini lho!)

AMI BIOS Passwords:

A.M.I.
AAAMMMIII
AMI?SW
AMI_SW
AMI
BIOS
CONDO
HEWITT RAND
LKWPETER
MI
Oder
PASSWORD

AWARD BIOS Passwords:

01322222
589589
589721
595595
598598
ALFAROME
ALLy
aLLy
aLLY
ALLY
aPAf
_award
award
AWARD_SW
AWARD?SW
AWARD SW
AWARD PW
AWKWARD
awkward
BIOSTAR
CONCAT
CONDO
Condo
d8on
djonet
HLT
J64
J256
J262
j332
j322
KDD
Lkwpeter
LKWPETER
PINT
pint
SER
SKY_FOX
SYXZ
syxz
shift + syxz
TTPTHA
ZAAADA
ZBAAACA
ZJAAADC

PHOENIX BIOS Passwords:

BIOS
CMOS
phoenix
PHOENIX

Passwords umum/sembarang:

ALFAROME
BIOSTAR
biostar
biosstar
CMOS
cmos
LKWPETER
lkwpeter
setup
SETUP
Syxz
Wodj

BIOS Passwords untuk pabrikan lain:

Biostar – Biostar
Compaq – Compaq
Dell – Dell
Enox – xo11nE
Epox – central
Freetech – Posterie
IWill – iwill
Jetway – spooml
Packard Bell – bell9
QDI – QDI
Siemens – SKY_FOX
TMC – BIGO
Toshiba – Toshiba
VOBIS & IBM – merlin

Catatan: semua password bersifat case-sensitive dan bisa diubah kapan saja oleh produsen.

Banyak yang mencari:

38 comments

  1. rizky says:

    saya menggunakan laptop acer aspire 4739 dengan bios insyde h20.
    sudah coba cmospwd,cmospwc,killcmos,d-cmos 2, d-cmos 3, dll tpi yang kmbli normal adalah tanggal bios. untuk password tetap ada, apa ada solusi lain ya gan?

  2. Yadi says:

    Mohon penjelasannya,waktu star dikomputer (window xp) di suruh memasukan password owner,padahal sebelumnya belum pernah ada perintah seperti itu dan belum pernah memakai password.terima kasih

  3. Rizky says:

    nee blog udc lama
    dari tdi cobaen paswrd phoenix semuax lgi
    buka blog situ sini ga ada yang mau dicobaaa
    caaapeeeeeeeee
    lempaaaarr aj udaac

  4. Abdul Hadi says:

    aku ada laptop, OSnya rusak, BIOSnya di setting 1st bootnya Harddisk… udah nyari backdoor password gak nemu-nemu mau buka chasing tidak berani..
    hiks…
    hua….. hua,,,, hua !!!!!!!!!!!!!!!!
    biosnya pake Insyde H2o
    how can help me???
    what must i do….??

  5. Abdul Hadi says:

    artikel lama, tapi masih banyak yang nyari…
    tapi, sayang yang ana cari tidak ketemu..
    ana nyari passwordnya BIOS ACEr Aspire 4739Z mo buka chasing gak berani coz masih segel… udah nyoba sekian banyak password, belum bisa juga…
    mungkin ada yang bisa bantu??

  6. bhomex1 says:

    mas bro saya sudah melepas bettery cmos pas aku pasang kemabali malah logo windos blue screen molo….

    mohon pencerahannya…

    setting bios nya gmaa?

    • Bithdaddy says:

      Itu aneh. Tidak biasanya muncul BSOD gitu. Coba copot aja bat cmosnya, terus coba nyalakan kembali komputernya. Biasanya akan muncul notifikasi setting kembali ke default dan disuruh tekan F2. Kalau udah nyala normal, matikan kembali dan cabut semua sumber listrik (termasuk baterai kalau laptop) kemudian pasang kembali bat cmosnya, lalu coba nyalakan lagi.

  7. Kesiur says:

    pagi pak saya mau nanya ini saya setting bios dilaptop P4,1,7 hdd 40g,512mb thosiba,waktu saya setting biosnya dipengaturan CD/dvd/HDD/Lan/usb/ tidak dapat dirubah sedangkan dipengaturan lain bisa dirubah bagaimana solusi masalah ini?terimakasih sebelumnya….

    • Bithdaddy says:

      Kalau tidak salah maksudnya setting CD/dvd/HDD/Lan/usb/ itu yang untuk pilihan booting device ya? Logikanya itu pasti bisa diubah untuk pilihan bootingnya. Coba lihat di panel sebelah kanan waktu masuk ke bios. Sorotkan kursor dengan arrow keypad ke item yang akan di ubah, dan pada panel sebelah kanan akan muncul penjelasan (semacam help) untuk mengubahnya. Tiap laptop/bios beda cara settingnya. Ada yang harus tekan Enter lalu dipilih, ada yang milihnya pake keypad + atau -, ada yang pake F5 atau F6, atau ada yang pake keypad PgUp / PgDn.
      Kecil kemungkinan chip BIOS nya rusak. Soalnya kalau rusak maka laptop agan bakal mati total.
      Semoga membantu.

  8. Yoga says:

    pak, laptop saya skarang lagi di service mereknya toshiba…..kendalanya BIOSnya terkunci password, teknisi reparasi toshiba angkat tangan mengenai hal ini, jadi katanya password itu dibuat oleh user sendiri bukan dari pabrikan karena pabrikan tidak pernah memberikan password. Setelah saya sarankan kepada teknisi atas info yang bapak berikan menggunakan password sesuai pabrikan “toshiba” ternyata tidak berhasil selain itu dya tidak mau mengambil resiko untuk membuka casing dan membuka CMOS. Mungkin ada saran dari bapak sebaiknya seperti apa?

    • Bithdaddy says:

      Sepengetahuan saya setiap laptop ada batteray CMOSnya. Sepengetahuan saya pula, untuk laptop, cukup hanya dengan mencabut battery tersebut, lalu diamkan beberapa menit maka CMOS akan mereset sendiri. Biasanya kalau laptop dinyalakan tanpa batteray CMOS terpasang, maka akan tampil notifikasi teks saat booting bahwa ada perubahan setting BIOS, untuk melanjutkan booting silahkan tekan F1 (begitu atau semacam itu).
      Memang secara default pabrikan tidak pernah memasang password pengaman, kecuali untuk kode darurat dan identifikasi seperti yang pernah saya tulis. Terus terang saya cukup heran mengapa teknisi tidak mau membuka casing untuk melepas batteray CMOS. Mungkin masih garansi ya pak? Soalnya bila terjadi kesalahan setting owner dan harus membuka segel, maka garansi memang hilang. Mungkin begitu ya?
      Kalau begitu masalahnya, berikut saran saya urut dari yang paling mudah hingga sulit:
      1. Sebaiknya Anda mencari second opinion ke teknisi lain. Toshiba lain atau teknisi non Toshiba lain juga gak apa-apa.
      2. Cobalah masukkan password default pabrikan. Tapi lihatlah dulu saat laptop booting, vendor BIOS mana yang digunakan untuk laptop Anda, apakah Ami BIOS, Award BIOS, ataukah Phoenix BIOS. Biasanya muncul logo di kiri atas saat mulai booting. Terus cobalah masukkan daftar kombinasinya. Lihat di sini: http://sepanjang-wage.com/cara-membobol-password-bios-komputer
      3. Gunakan software untuk mereset BIOS misalnya CMOSPwd atau KillCMOS. Bisa di download di sini : http://sepanjang-wage.com/cara-membobol-password-bios-komputer
      4. Lakukan sendiri membuka casingnya dan lepas batteray CMOS nya. Langkah ini sebenarnya tidak beresiko dan aman asalkan saat membuka casingnya teliti dan hati-hati karena Anda orang awam. Umumnya untuk membuka casing Anda harus melepas papan keyboard. Coba cari nock pada papan keyboard dan diungkit. Di bawahnya biasanya terdapat kabel flexible (kabel gepeng tipis). Ini yang harus hati-hati, jangan sampai terlipat atau tertarik. Kabel ini berhubungan dengan suatu socket pada mainboard. Setelah kabel ini dilepas, baru bisa membuka casing bagian atas. Jika casing sudah dilepas, carilah batteray CMOS dan cabut saja. Sesudah itu untuk sementara pasang kembali kabel keyboard dan nyalakan. Jika muncul notifikasi reset BIOS saat booting, lakukan saja seperti tekan F1 atau semacamnya. Dengan langkah ini setting BIOS akan default kembali. O ya, jangan lupa lakukan langkah ini DENGAN BATERAI LAPTOP DILEPAS lebih dulu.

      Kalau saya, ini kalau saya, cenderung menempuh langkah ke-4 daripada langkah lainnya. Mengapa? Karena urusan BIOS ini gawat juga kalo pake software reseter. Kalau ada melesetnya dan chip BIOS mati, alamat Anda harus membuang laptop tersebut. Karena sebenarnya kehidupan laptop dan semua komputer bergantung pada chip BIOS 🙁

      Karena saya tidak pegang laptopnya langsung, maka saya tidak tahu hal-hal lainnya. Jadi saran tersebut adalah atas pengetahuan saya yang telah saya praktekkan. Untuk hal-hal lain yang tidak terprediksi saya tidak tahu.

      Semoga membantu 🙂

          • fadli says:

            lain dgn gw..saya laptop ibm thinkpad R40e cmos udah di buka keknya udah 6 bln tp tu kagak ngaruh klo dihidupkan lansung muncul gambar kunci jd ga bisa lg ini itu robah ini robah itu.3 x salah pasword mati lg.mintak tolong ne ke teman2 klo ada yg tau. bisa sms 085326289978. soni. klo bisa gw kasi imbalan.

    • Bithdaddy says:

      Pada prinsipnya caranya sama gan. Cuma saya belum pernah mencoba spesifkasi seperti laptop agan. Boleh dicoba sendiri. Kalau gagal bisa dicoba dengan melepas baterai CMOS-nya. Tentu saja sedikit ribet karena harus buka casing.

  9. KADALOVERS says:

    THANKS INFONYA
    ane bakal coba kebetulan laptop tmn ane biosna d password tp ga da yg tau passworda apa.

    • Bithdaddy says:

      Tidak gan. Ini masalah BIOS. Tidak ada hubungannya dengan data yang tersimpan di hardisk. BIOS (basic input output system) tu program kecil yang tersimpan dalam sebuah chip. Fungsinya mengenal dan menjalankan seluruh perangkat keras pada motherboard. Inilah nyawa untuk menghidupkan sebuah komputer. Kalau chipnya jebol atau programnya terhapus, maka tamatlah riwayat sang komputer.

Comments are closed.