Cara lain mengatasi sidebar gadget Windows 7 yang error

Artikel ini telah dibaca 11018 kali.

Dulu saya pernah menulis artikel cara gampang mengatasi sidebar gadget Windows 7 yang error. Dengan mudah saya berhasil mengatasi error sidebar menggunakan cara tersebut. Tetapi ternyata beberapa rekan tidak berhasil menggunakan cara yang saya tunjukkan. Nah, berikut ini saya menemukan cara lain mengatasi sidebar gadget Windows 7 yang error. Mungkin alternatif cara ini bisa ditempuh.

Memangnya mengapa kok banyak terjadi error pada sidebar gadget Windows 7? Konon ceritanya begini. Anda tahu user account control (UAC) kan? Itu sebuah fitur yang selalu menanyakan atau memverifikasi jika kita menginstal suatu program baru di windows. Nah, sidebar Win 7 ternyata berbeda dibandingkan dengan Vista. Kalau pada Vista program sidebar tersebut sepenuhnya terpisah atau independen terhadap UAC. Tetapi pada pada Win 7 ternyata sidebar-nya dan UAC saling terkorelasi. Artinya jika UAC dimatikan (disable) maka sering sidebar-nya tidak berjalan. Menurut Microsoft ini dimaksudkan sebagai langkah preventif untuk berjaga jika user melakukan instalasi dekstop gadget yang bisa dianggap sebagai malicious program (program asing). Jadi selama user menonaktifkan UAC, maka kemungkinan besar sidebar gadgetnya bakal mandeg dan tidak bisa tampil.

Cara setting UAC

Dari keterangan tersebut, sebenarnya solusinya mudah: aktifkan kembali setting UAC-nya. Caranya, masuklah ke Control Panel lalu klik User Accounts. Lihat screenshot berikut.

Kemudian klik pada Change User Account Control Settings, lalu geserlah scrollbar untuk mengaktifkan UAC.

Konsekuensi dari langkah ini adalah selalu muncul notifikasi jika kita menginstal program apa pun. Jika Anda merasa itu bukan masalah, ya gak apa-apa. Tetapi kalau saya pribadi merasa risi. Makanya saya selalu mematikan setting UAC tersebut.

Cara lain mengatasi sidebar gadget Windows 7 yang error

Lalu agar sidebar tetap jalan meskipun UAC disable caranya gimana? Langkah berikut ini bisa dicoba.

  1. Klik pada Start dan ketikan “regedit” (tanpa tanda petik) pada search bar. Jika sudah muncul, klik pada regedit.exe
  2. Carilah registry key berikut ini pada registry editor : KEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionSidebarSettings
  3. Klik kanan pada bagian kanan registry editor lalu pilih New – DWORD(32 Bit Value) beri nama “AllowElevatedProcess” (tanpa tanda petik). Setelah itu dobel klik pada AllowElevatedProcess yang telah dibuat, dan ubah nilainya menjadi 1.
  4. Tutup registry editor dan restar komputer.
  5. Untuk mengaktifkan sidebar widget silahkan klik kanan pada dekstop lalu pilih Widgets. Anda tinggal pilih widget mana yang mau dipasang.

Kalau gak mau repot mengedit registry, Anda bisa download AllowElevatedProcess.reg lalu klik kanan AllowElevatedProcess.reg dan pilih Merge untuk menjalankan registry.

Semoga berhasil.

Banyak yang mencari:

Tags: cara memperbaiki error sidebar gadget error dekstop gadget error sidebar gadget sidebar gadget win 7 error

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara lain mengatasi sidebar gadget Windows 7 yang error"

Cara mudah update Windows 8.1 Professional
Jika Anda pengguna Windows 8 dan ingin
20 Theme Windows 7 cantik untuk dekstop Anda
Windows 7 yang dirilis sekitar empat tahun
Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (3)
Ini adalah seri posting terakhir cara menjalankan
Cara menjalankan Windows XP di dalam Windows 7 (2)
Artikel ini merupakan lanjutan cara menjalankan Windows