Cara instal Windows XP kurang dari 20 menit !

Artikel ini telah dibaca 2525 kali.

Tips kali ini tentang cara install Windows XP kurang dari 15 menit. Biasanya kalau kita menginstal Windows XP memerlukan waktu sekitar 40 – 60 menit. Dengan tips ini cara menginstal Windows XP dengan cepat ini  kita bisa menghemat waktu instalasi Windows XP sekitar 15 – 20 menit.

Perlu diketahui bahwa cara ini hanya berlaku untuk instalasi baru (fresh install). Terus terang sebenarnya untuk kecepatan install sangat bergantung pada spesifikasi komputer Anda. Saya telah coba dengan spesifikasi laptop saya Intel Core 2 Duo Ram 3G dan selesai dalam waktu sekitar 20 menit. Jadi kalau hasil yang Anda coba tidak sesuai dengan yang saya tulis, jangan salahkan saya :(. Tetapi intinya proses instalasi memang berjalan lebih cepat.

Okay, langsung saja caranya gini:

  • Boot komputer Anda dengan CD/DVD installer Windows XP. Jangan lupa masuk ke setting bios lebih dulu (tekan Del pada keyboard saat booting), lalu pilih boot pertama via CDROM.
  • Setelah instalasi dimulai, pilih partisi C
  • Pilih format partisi. Terserah mau pake NTFS atau FAT
  • Setelah formatting selesai, dan semua file yang diperlukan untuk instalasi telah tercopy, silahkan restart dengan menekan Enter maka komputer akan melakukan reboot.
  • Setelah reboot, akan muncul jendela dengan notifikasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan instalasi (…it takes 40 minutes to complete or finish the OS installation…)
  • Sekarang tekan Shift+F10 dan akan terbukan command prompt.
  • Ketikan “taskmgr” (tanpa tanda petik) pada jendela command prompt tadi, maka akan terbuka jendela Task Manager.
  • Klik Process Tab, lalu carilah daftar file process namnya setup.exe. Klik kanan pada setup.exe, pilih Set Priority –> pilih High atau Above Normal.

Sekarang instalasi akan berjalan jauh lebih cepat, dan Anda tinggal menunggu.

Selamat mencoba.

Tags: cara cepat instal windows xp cara mempercepat instal windows instal windows xp mempercepat instal windows windows xp

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara instal Windows XP kurang dari 20 menit !"

Cara menginstal dan menjalankan Ubuntu menggunakan Windows
Anda yang belum pernah menggunakan Linux mungkin
Cara mempercepat booting Windows 7
Anda punya komputer atau laptop yang dual
Meningkatkan kecepatan Taskbar Thumbnail Preview pada Windows 7
Windows 7 memiliki interface yang memukau. Salah
Cara gampang mengatasi missing mozsqlite3.dll di Windows 7
Saya tidak begitu ingat telah menginstal software