Cara backup Windows Live Writer

Artikel ini telah dibaca 2653 kali.

Selama karier online, Windows Live Writer selalu membantu saya dalam menulis artikel buat posting. Selain enak dan powerful, apa yang kita tulis bisa dimunculkan previewnya (what you see is what you get / WYSWYG). Kalau Anda belum pernah menggunakan Windows Live Writer, bisa baca tutorialnya di sini : Cara Membuat Posting Offline Dengan Windows Live Writer.

Tips kali ini saya membahas mengenai cara backup Windows LIve Writer. Karena saya beli laptop baru, dan semua penulisan artikel menggunakan LIve Writer, otomatis saya harus install ulang. Yang jadi masalah, saya harus setup lagi sekian banyak akun website untuk menggunakan Live Writer. Untungnya saya menemukan program gratisan untuk backup WIndows Live Writer. Namanya Windows Live Writer Backup.

Cara backup Windows Live Writer

Cara menggunakan program ini sangat gampang. Setelah diinstal, jalankan programnya dan muncul penampakan seperti ini.

image

  • Lihat menu bagian atas, terdapat Setting, Posts, dan Plugins. Itu adalah pilihan jenis apa saja yang ingin dibackup. Cukup arahkan pointer ke menu tersebut (hover), dan pilihan akan muncul.
  • Setelah itu klik backup, akan muncul jendela baru untuk menentukan dimana file backup akan disimpan. Tentukan nama file yang akan disimpan, lalu klik Save.
  • Seluruh file posting, setting, dan plugin akan dibackup (bergantung menu pilihannya)

image

  • Setelah backup complete, klik OK, lalu tutup program.

Cara restore backup Windows Live Writer

Sekarang pindahkan file backup tadi ke laptop lainnya. Untuk melakukan restore sebelumnya di komputer baru harus sudah terinstal Windows Live Writer.

  • Untuk menjalankan restore, buka kembali program Windows Live Writer Backup, tapi harus dijalankan sebagai administrator. Caranya klik kanan icon program lalu pilih Run as Administrator.
  • Setelah itu klik Restore, pilih file backup yang tadi disimpan, klik Open
  • Selesai. Hasilnya, saya siap menggunakan Live Writer untuk menulis artikel lagi tanpa harus setup ulang seluruh website saya.

Kalau tertarik silahkan download : Windows LIve Writer Backup

Anda yang ingin mencoba menggunakan LIve Writer untuk menulis artikel bisa download Windows Live Writer 2012. Tersedia Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Yang link itu untuk installer online resmi dari Microsoft.

Bisa juga download di sini Windows Live Writer installer offline Bahasa Inggris, atau Windows Live Writer installer offline Bahasa Indonesia.

Nah, Anda sudah paham cara backup Windows Live Writer.

Tags: backup live writer cara backup windows live writer cara restore windows live writer live writer windows live windows live writer

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Cara backup Windows Live Writer"

Cara membuat Windows XP menjadi asli
Ada alternatif lain untuk membuat Windows XP
Belajar Dasar SEO 5 : Optimasi blog dengan SEO Doctor
Entah sudah berapa bulan saya tidak meneruskan
Screengrab : Add-ons Firefox untuk capturing image
Jika Anda seorang blogger yang rajin menulis
DUA KALI KENA BLOCKING !
Saat ini saya suntuk berat. Betapa tidak?