Home » Cara backup driver yang sudah terinstal

Cara backup driver yang sudah terinstal

Artikel ini telah dibaca 6451 kali.

Cara backup driver yang sudah terinstal

Beberapa waktu lalu laptop saya Byon error dan terpaksa harus menginstal ulang. Setelah saya instal Windows 8.1 ternyata backup driver saya banyak yang corrupt terkena virus, sementara driver asli bawaannya sudah raib entah kemana. Saat mau download di situs Byon ternyata sudah tutup gak bisa dibuka. Terpaksa harus menginstal kembali driver laptop satu persatu, karena juga gak hafal itu driver buat hardware yang mana. Cara instal driver yang gak diketahui jenis hardwarenya bisa dibaca di sini.

Cara backup driver yang sudah terinstal

Setelah semua driver terinstal, untuk berjaga-jaga kalau ada error lagi, saya lakukan backup driver dengan Double Driver. Ada banyak software untuk backup driver. Mengapa saya pilih Double Driver? Karena selain gratis, ini adalah karya anak bangsa sendiri. Saat download juga langsung, gak pakai instalasi online yang suka menjebak dengan adware.

Kalau tertarik inilah cara backup driver yang sudah terinstal.

  • Silahkan download Double Driver. Ekstrak, lalu langsung jalankan dd.exe. Ini program standalone, jadi gak perlu instalasi.

Cara backup driver yang sudah terinstal

  • Klik Backup

Cara backup driver yang sudah terinstal

  • Klik Scan Current System

Cara backup driver yang sudah terinstal

  • Program akan melakukan scan pada seluruh jenis driver. Jika ingin backup driver buat laptop/komputer saja tinggal pilih. Driver lain seperti flashdisk atau ponsel, atau perangkat lain yang pernah terinstal bisa diabaikan
  • Klik Backup Now

Cara backup driver yang sudah terinstal

  • Pilih tempat penyimpanan. Pilih disimpan dalam bentuk folder, dikompres zip, atau self extract (otomatis akan
    diekstrak kalau dijalankan)
  • Klik OK. Dan tunggu hingga selesai.

Setelah backup komplit, simpanlah di tempat yang aman. Kelak pasti dibutuhkan.

Perlu diketahui bahwa cara backup driver yang sudah terinstal dengan Double Driver ini murni hanya membackup drivernya saja. Kalau Anda pernah menginstal driver dengan file executable (.EXE) itu adalah aplikasi dan bukan driver. Aplikasi itu akan menginstal beberapa driver sekaligus. Umumnya ini dijumpai pada driver untuk graphic dan audio.

Untuk menginstal lagi secara manual dengan driver backup ini, cukup buka folder penyimpanan tadi, cari file INF, klik kanan, klik instal.

Semoga bermanfaat.

Banyak yang mencari: