Belajar Dasar SEO 2 : Menentukan Judul dan Content

Artikel ini telah dibaca 2355 kali.

Artikel ini melanjutkan posting tentang Belajar Dasar SEO yang telah saya blog saya di blog saya. Pada artikel tersebut telah saya buatkan bagan sederhana untuk memahami dasar pembuatan blog yang bernafaskan SEO.
Sesuai dengan bagan tersebut, maka saya akan membahas langkah pertama mengenai judul, deskripsi, keyword, dan content.


Bila kita mau membuat blog, langkah pertama yang harus dipikirkan adalah: tentang apa content blog kita nanti? Content artikel untuk blog memang harus dipikirkan dulu, karena dari sini kita bisa memperkirakan penarikan judul dan deskripsi untuk blog kita nantinya. Sebagaimana kita ketahui, judul yang baik umumnya mencermikan isi. Karena itu pengunjung yang membutuhkan informasi mengenai cara pembuatan blog akan lebih memilih membuka blog yang berjudul Tutorial Blogging daripada membuka blog yang berjudul Bisnis Online misalnya. Jadi, pemilihan judul yang mencerminkan content atau tema suatu blog akan membantu pengunjung dalam mencari informasi yang relevan.


Lantas bagaimana menentukan content? Wah, yang ini rada susah njawabnya karena relatif banget. Pada prinsipnya Anda bebas menentukan content blog Anda. Ada jutaan tema di internet yang bisa memberi inspirasi tentang apa kira-kira isi blog Anda nantinya. Saran yang bagus dari Yaro Satarak, master blogger dari Australia, buatlah content tentang sesuatu yang Anda suka dan Anda kuasai. Semisal Anda penyuka lukisan dan memiliki ketrampilan melukis, maka Anda bisa membuat blog tentang lukisan, teknik melukis, atau sesuatu yang berhubungan dengan lukisan.
Cara penentuan content atau tema seperti ini memiliki keuntungan, yaitu:
– Anda suka dengan tema yang telah Anda pilih,
– Anda menjadi rajin menulis atau melakukan posting karena Anda menyukai tema tersebut
– Anda tidak merasa terbebani dengan kewajiban untuk mengelola blog Anda karena Anda menyukainya
– Anda memiliki skill dan pengetahuan di bidang tersebut sehingga saat berinteraksi dengan blogger lain atau pengunjung, Anda mampu menjelaskan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan tema blog Anda.


Jika kita telah tentukan content dan prakiraan judul blog, kita akan menggunakannya sebagai pedoman untuk membuat deskripsi tentang blog kita. Deskripsi adalah uraian singkat tentang content suatu blog. Oleh karena itu deskripsi yang baik harus dibuat dengan kata yang jelas, tidak terlalu panjang, dan mampu mengambarkan isi dari blog kita.


Mungkin yang lebih jelas gini: semisal Anda ingin membuat blog bertema kecantikan, maka judul, deskripsi, dan contentnya begini:
– judul : Cantik dan Jelita
– deskripsi : Blog tentang kecantikan, kesehatan, dan kebugaran wanita
– contents : artikel-artikel yang berhubungan dengan produk dan tips kecantikan dan kesehatan
– keyword : cantik dan sehat, tips kecantikan, tips kesehatan, produk kecantikan, produk kesehatan, make up, cara berdandan, perawatan rambut, perawatan tubuh, spa, senam sex,


Dari uraian di atas kita bisa simpulkan bahwa : judul, deskripsi, dan content harus (baca: sangat lebih baik) relevan satu sama lain alias nyambung. Bagaimana kalau gak nyambung? Bisa saja. Tetapi search engine tidak suka hal itu dan bisa berakibat sulit terindex dan sulit memperoleh rank. Belum lagi pengunjung yang bingung. Ini judul sama isi blog kok amburadul gini…? Maka jangan salahkan kalau pengunjung pelan-pelan meninggalkan blog Anda.


Hanya itu? Tidak. Meskipun telah menemukan rancangan judul, deskripsi, dan content, ternyata semua itu masih harus diselaraskan dengan mempertimbangkan keyword (kata kunci) dan KEI. Apa itu? Saya akan tuliskan pada posting berikutnya đŸ™‚

Tags: bisnis online blog blogger deskripsi inspirasi lantas lukisan teknik Menentukan pengetahuan pengunjung teknik melukis untuk yaro

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Belajar Dasar SEO 2 : Menentukan Judul dan Content"

Cara mengubah login screen pada Windows 7
Blogger 2012 - Kali ini saya pingin
Software pencari keyword yang handal
Tidak bisa dipungkiri bahwa penentuan keyword yang
Menggunakan SD Exporer untuk menyimpan file online
Kompumedia – Jika Anda seorang bloger, pasti
Membuat link yang baik
Kompumedia - Sebagai bloger yang sering menulis