Belajar Dasar SEO 1 : Mindset

Artikel ini telah dibaca 1422 kali.

Di blog ini sengaja saja tulis artikel mengenai SEO (Search Engine Optimization), bukan karena saya pakar atau sudah expert di bidang itu. Sama sekali bukan. Artikel yang saya tulis ini sebenarnya adalah catatan belajar saya hasil mencari informasi ke sana ke mari dari blog para master. Konsep yang saya peroleh tersebut kemudian saya dokumentasikan dalam bentuk posting. Selain bisa saya gunakan sebagai arsip, mungkin saja bisa bermanfaat bagi para rekan blogger pemula yang lain.
Saya mencari banyak informasi mengenai SEO karena saat ini saya juga mengoptimasi blog agar trafficnya naik, sukur-sukur bisa dapat SERP yang bagus. Dari informasi yang terkumpul, saya telah pelajari dan pahami, akhirnya saya rangkum dan saya tuliskan kembali dalam bentuk (yang saya harap) lebih sederhana agar mudah dimengerti oleh para pemula.
Perlu dicatat bahwa teknik SEO sangat subyektif dan relatif. Dengan kata lain SEO adalah ilmu yang tidak pasti dan membingungkan. Apalagi kabarnya Google telah memperbaharui algoritma search engine-nya dengan kode dan parameter yang mereka sendiri yang tahu. Jadilah SEO sebagai ilmu tebak-tebakan dan coba-mencoba. Namun demikian, dari hasil menebak dan mencoba tadi banyak yang secara logis terbukti mampu menarik perhatian mesin pencari sehingga mampu mengangkat rank suatu blog sehingga trafficnya pun naik. Jika tidak terbukti, kenapa juga banyak para master yang menulis ebook tentang SEO dan laris manis bak kacang goreng.
Sesuai dengan namanya, SEO merupakan upaya melakukan langkah atau cara tertentu sedemikian rupa agar suatu situs atau blog terindeks oleh mesin pencari (crawler) dan bisa menempati SERP (Search Engine Rank Position) yang bagus, sehingga mudah ditemukan pengunjung. Jadi optimasi yang dilakukan terhadap suatu situs atau blog sebenarnya bertujuan menarik pengunjung sebanyak mungkin. Bila suatu blog memiliki banyak pengunjung, maka blog tersebut memiliki traffic yang tinggi. Jika hal tersebut bisa tercapai, maka langkah memonetisasi blog akan menjadi lebih mudah.
Masalah yang dihadapi mayoritas pemula yang berangkat dengan pengetahuan nol seperti saya saat membuat blog adalah langsung begitu saja mendisain blog tanpa dasar rancangan apa pun. Jangankan mengenal apa itu SEO, kerangka dasar rancangan disain blog dan penyiapan content pun tidak dilakukan sejak awal. Alhasil blog kita megap-megap kekurangan pengunjung dan tidak dilirik sama sekali oleh mesin pencari. Oleh karena itu penting untuk memahami dasar SEO sebelum membuat suatu blog.


”bagan belajar seoUntuk mempermudah memahami, saya telah buat sebuah bagan yang menggambarkan langkah-langkah dasar membangun blog dengan menerapkan dasar SEO sejak awal. Perhatikan bagan tersebut. Di situ tampak bahwa rancangan dasar blog menempati urutan pertama dalam langkah pembuatan blog. Pada langkah tersebut kita harus menyiapkan perkiraan judul, deskripsi blog, keyword, dan materi content. Empat item tersebut harus memiliki keselarasan sehingga nyambung.
Langkah berikutnya adalah mencari keyword untuk mengetahui kata kunci yang banyak dicari beserta tingkat persaingannya. Penentuan keyword harus mempertimbangkan faktor KEI (Keyword Effectiveness Index).
Pada langkah disain blog kita akan memilih theme untuk blog, tata letak, termasuk mencantumkan/modifikasi meta tag, serta submission blog kita ke search engine.
Content adalah materi umumnya berupa artikel yang kita posting dalam blog kita untuk diakses pengunjung yang membutuhkan informasi yang relevan. Produksi content bisa dilakukan seiring proses pengembangan blog. Di samping posting artikel, kita bisa menambah berbagai widget untuk mempercantik tampilan blog, termasuk misalnya pencantuman link yang relevan dengan tema blog kita.
Jika kita sudah menerapkan langkah-langkah tersebut dengan benar, kita tinggal mengamati dan menunggu hasilnya. Yang dimaksud hasil di sini tentu saja seberapa banyak traffic yang diperoleh serta kenaikan posisi rank blog kita.
Sedangkan garis merah adalah langkah feedback (umpanbalik) untuk analisa langkah yang telah kita lakukan.
Satu hal lagi yang harus dipahami, bahwa SEO bukanlah sesuatu yang instant yang langsung tampak hasilnya setelah Anda lakukan. Optimisasi tersebut perlu waktu menunggu untuk melihat hasil. Menurut pengalaman rekan-rekan master SEO, untuk submission (pendaftaran blog) saja perlu waktu 1 – 2 minggu untuk terindeks oleh mesin pencari. Sedangkan peningkatan traffic dan posisi rank bisa dilihat hasilnya sekitar 2 – 3 bulan kemudian. Jadi memang butuh ketelatenan dan kreatifitas. Tetapi justru disitulah menariknya SEO.
Saya yakin Anda masih bingung dengan penjelasan bagan tersebut. Tidak apa. Bagan tadi hanya untuk membantu pemahaman awal secara global dan mendasar. Jadi sebaiknya memang alur tersebut dipahami lebih dulu. Untuk penjelasan yang lebih banyak untuk tiap langkah tersebut saya akan tuliskan pada artikel berikutnya secara berseri.

OBP

Tags: algoritma blog google kacang goreng laris manis menulis pengunjung rank rank position search search engine rank sehingga serp tebak tebakan untuk

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Belajar Dasar SEO 1 : Mindset"

Screengrab : Add-ons Firefox untuk capturing image
Jika Anda seorang blogger yang rajin menulis
DUA KALI KENA BLOCKING !
Saat ini saya suntuk berat. Betapa tidak?
Cara Memperoleh Backlink Dari Artikel Kita Yang Dicopas
Copas (copy-paste) artikel di internet boleh dibilang
Cara Membuat Posting Offline Dengan Windows Live Writer
Saya harus katakan, Windows Live Writer adalah