Apa itu Cloud Computing?

Artikel ini telah dibaca 2784 kali.

Jika Anda bekerja di sebuah kantor, dan semua karyawan menggunakan komputer, pernahkah Anda bayangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk pengadaan hardware dan software tersebut?

Katakan untuk pengadaan satu unit PC biayanya sebesar 4 juta. Untuk operating system-nya, misalkan Windows 7, katakan 1 juta. Maka pengadaan satu unit komputer untuk satu karyawan perlu dana 5 juta! Itu belum termasuk pembelian software/lisensi yang lain. Jika kantor Anda ada 10 karyawan yang harus menggunakan komputer, maka dana yang dikeluarkan sebesar 50 juta!

Apa itu Cloud Computing?

Mungkin masalah seperti ini kelak tidak akan terjadi, berkat perkembangan teknologi di bidang komputer, namanya cloud computing. Dengan cloud computing Anda dapat menyediakan hanya satu aplikasi saja. Aplikasi tersebut memungkinkan setiap pekerja untuk masuk dalam sebuah layanan berbasis web (web-based) yang menyediakan semua program yang dibutuhkan untuk pekerjaan mereka. Seluruh pekerjaan komputasi dilakukan oleh perusahaan penyedia, mulai email hingga pengolah kata, atau untuk menyelesaikan suatu analisis. Itu yang dinamakan cloud computing dan itulah yang akan mengubah industri komputer secara global.

cloud_computing

Apakah contoh dari cloud computing? Jika Anda memiliki email dengan layanan web based email service seperti yang dimiliki Gmail, Yahoo, atau Hotmail, artinya Anda sudah masuk ke layanan cloud computing karena software dan media penyimpanannya tidaklah berada di komputer Anda, melainkan pada server mereka.

Sebenarnya layanan cloud computing ini sudah ada cukup lama. Contohnya adalah Google Doc yang disediakan oleh Google. Disana Google menyediakan aplikasi sejenis `microsoft office’ dengan pengolah kata, pengolah presentasi, dan lainnya yang dapat digunakan saat Anda masuk ke situsnya. Dokumen yang dibuat tersebut dapat langsung disimpan di Google dan dapat dibuka kapanpun dan dimanapun. Dikatakan sebagai ‘cloud’ (= awan) karena aplikasi dan datanya berada pada cloud web server.

google docs

Sistem dari cloud computing dibagi menjadi 2 yaitu front end dan back end. Antara front end dan back end terkait satu sama lain melalui jaringan yang disebut Internet. Front end adalah bagian dimana pengguna komputer (user) atau client berada. Sedangkan ‘back end’ adalah bagian dimana ‘cloud’ dari sistem itu berada. Front end juga meliputi komputer client atau komputer jaringan dan aplikasi yang dibutuhkan untuk dapat mengakses sistem cloud computing.

Tidak semua ‘cloud computing’ memiliki ‘user interface’ yang sama. Contohnya layanan seperti web browser dan layanan email antara satu dengan yang lain memiliki perbedaan akses yang dimiliki atau perbedaan interface.

Pada sistem back end terdapat bermacam jenis komputer, server, dan sistem penyimpanan. Secara teori, sistem cloud computing bisa termasuk didalamnya bermacam program komputer mulai dari pemrosesan data hingga video game, dan biasanya setiap aplikasi memiliki server yang berbeda.

cloud web server

Server pusat dari cloud computing akan mengatur sistem mulai dari memonitoring lalu lintas client dan permintaannya, dan menjamin semuanya berjalan dengan baik dan benar. Semuanya itu berjalan dengan sejumlah protokol dan menggunakan software khusus yang disebut middleware. Middleware inilah yang memungkinkan komputer dijaringan dapat berkomunikasi satu dengan lainnya.

Aplikasi yang terdapat pada cloud computing pada dasarnya tanpa batas. Dengan middleware yang tepat, sistem cloud computing dapat mengeksekusi semua program layaknya komputer biasa. Jadi, pada dasarnya apapun yang biasa dilakukan pada sebuah PC atau laptop pasti dapat dikerjakan pada cloud computing.

Keuntungan dari penggunaan cloud computing

Keuntungan dari penggunaan cloud computing ini sangat banyak. Mulai dari kemudahan akses dimana aplikasi dan data dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Demikian juga untuk urusan penghematan. Anda tidak perlu memikirkan untuk membeli sebuah komputer terbaru dengan memori yang besar beserta berbagai software pendukung. Kelak semua disediakan pada cloud computing.

Bila cloud computing ini dikerjakan atau diakses pada sebuah perangkat portabel seperti smartphone atau tablet yang dapat mengakses Internet via WiFi, bayangkan kemudahan yang dapat Anda peroleh.

Mungkin yang masih menjadi persoalan terbesar cloud computing adalah tentang keamanan dan privasi. Pencurian data (hack/crack) oleh pihak lain membuat khawatir sebagian orang. Apalagi bila sebuah perusahaan besar yang memiliki data atau rahasia penting kemungkinan masih berfikir panjang sebelum mau memanfaatkan cloud computing ini.

Tags: cloud computing cloud server computing

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "Apa itu Cloud Computing?"

Pertamakali mencicipi Cloud Computing
Saya pernah menulis artikel di blog ini
Komputer yang bisa digulung
Tampaknya di masa mendatang kemajuan teknologi di
20 gaya menulis posting blog
Blogger 2012 - Ada banyak gaya menulis
Inilah laptop terbaru berbasis Google Chrome OS untuk Cloud Computing
Dulu saya telah menulis posting mengenai cloud