10 langkah teknik onpage SEO yang wajib dilakukan

Artikel ini telah dibaca 1699 kali.

seoSearch Engine Optimization (SEO) adalah langkah memodifikasi atau mengoptimasi blog supaya gampang terindeks di mesin pencari. Kalau teknik SEO yang diterapkan bagus (dengan keberuntungan) suatu blog bahkan bisa nongkrong di 10 besar search engine.

Ada banyak teknik SEO, tetapi pada intinya ada dua kelompok besar yaitu onpage SEO dan offpage SEO. Onpage SEO adalah langkah mengoptimasi pada semua parameter teknis blog kita. Sedangkan offpage SEO merupakan optimasi selain masalah teknis blog, misalnya link interchange, blogwalking, atau mencari backlink.

10 langkah teknik onpage SEO yang wajib dilakukan

Posting saya kali ini tentang beberapa langkah teknik onpage SEO.

Berikut ini adalah 10 langkah teknik onpage SEO yang wajib dilakukan.

  1. Tentukan keyword bagus yang hendak dibidik. Gunakan bantuan Google Keyword Tool.
  2. Tentukan judul blog yang catchy dan menarik perhatian berdasarkan keyword yang telah ditentukan.
  3. Kopikan judul artikel yang sedang ditulis ke dalam paragraf dan gunakan sebagai subhead. Judul sebuah artikel sebaiknya mengandung keyword yang dibidik.
  4. Jika membuat sebuah artikel, biasakan mengatur judul, sub judul, dan isi sedemikian rupa sehingga mengandung H1, H2, dan H3.
  5. Upayakan keyword masuk ke dalam paragraf pertama pada artikel, dan sebaiknya keyword ditebalkan (bold) untuk menarik perhatian search engine.
  6. Upayakan juga keyword masuk ke dalam paragraf terakhir pada artikel. Keyword yang dibidik bisa digaris bawah atau ditulis miring (italic).
  7. Jika menyertakan gambar dalam artikel, jangan lupa mencantumkan judul gambar sesuai keyword dengan cara menambahkan ALT tag pada image. Saat pengunjung menggeser mouse ke atas image (hover) maka akan tampil keyword yang Anda bidik.
  8. Perhatikan sebaran keyword di seluruh artikel. Konon densitas keyword yang bagus paling tidak sekitar 1%. Contohnya jika artikel terdiri atas 500 kata, maka paling tidak ada lima keyword yang tercantum. Jika terlalu banyak keyword akan berakibat gaya penulisan artikel tidak mengalir alami dan ini akan membosankan pengunjung.
  9. Gunakan link internal yang menghubungkan keyword Anda dengan artikel atau konten lain yang relevan dalam blog Anda. Sebaiknya untuk internal link digunakan parameter dofollow.
  10. Jika menambahkan eksternal link yang menuju ke blog lain sebaiknya disetting ke nofollow.

Langkah 3 – 10 sebaiknya dijadikan kebiasaan saat menulis artikel posting. Saya harus katakan ini tidak mudah dan perlu berlatih. Tetapi seiring dengan pengalaman ngeblog, maka 10 langkah teknik onpage SEO yang wajib dilakukan ini akan menjadi suatu refleks yang tidak lagi memerlukan pemikiran.

Coba silahkan browsing. Saat Anda menemukan suatu artikel yang memenuhi 10 langkah di atas, itulah langkah onpage SEO yang telah diterapkan oleh sang blogger penulisnya.

Tags: offpage seo onpage seo seo teknik seo

author
Dosso Sang Isahi adalah mantan guru, sekarang berprofesi sebagai networker. Saat ini mengelola beberapa bisnis online, juga aktif dalam bidang sosial media marketing. Pria yang senang belajar hal yang berbau teknis dan IT ini bersama keluarga kecilnya tinggal di Sidoarjo, sedang menikmati kebebasan karier yang telah dicapainya.

Related Post "10 langkah teknik onpage SEO yang wajib dilakukan"

Mesin Waktu: Fitur teranyar Facebook nan cantik!
Tampaknya Facebook memang tidak tanggung-tanggung dalam melawan
Freeware pencari driver yang ampuh!
Di Blogger 2012 ini saya pernah tuliskan
Ping lengkap untuk WordPress
Setelah kita menulis artikel dan melakukan posting,
Navigasi Google+ : Lebih cepat menggunakan shortcut
Berikut ini adalah shortcut yang bisa dipakai